NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Cryptocurrency Pertahankan Gelar Kelas Aset Dengan Kinerja T...

Berita

Cryptocurrency Pertahankan Gelar Kelas Aset Dengan Kinerja Terbaik Dunia Tahun 2019

Cryptocurrency sekali lagi mengungguli kelas aset utama lainnya dan mendapat gelar kinerja terbaik di tahun 2019 ini.

Meskipun diperdagangkan secara signifikan turun dari rekor harga tertingginya, cryptocurrency dengan kapitalisasinya yang besar memiliki tahun yang fenomenal dan tetap menjadi salah satu kisah sukses investasi terbesar dalam dekade ini.

Mengokohkan diri sebagai kelas aset terbaik dunia dalam kategori kinerja tahunan, cryptocurrency telah memberikan peningkatan besar terkait pengembalian/keuntungan tahunan dari setiap ekuitas, komoditas, dan pasar obligasi AS di tahun 2019.

Ryan Alfred, Presiden dan salah satu pendiri Digital Assets Data mengatakan, aset crypto large-cap memiliki tingkat pengembalian/keuntungan yang jauh lebih tinggi dibandingkan pasar tradisional untuk tahun 2019 ini.

Crypto Versus Aset Tradisional

Gambar dari Digital Asset Data

Seperti yang terlihat pada grafik di atas, penelitian yang diberikan oleh Digital Assets Data menunjukkan bagaimana kinerja tahun ini dari 10 cryptos teratas berdasarkan kapitalisasi pasar versus kelas aset utama lainnya seperti emas, minyak dan ekuitas.

Gambaran Besar: Kisah Sukses Crypto

Sebelumnya, dunia berada dalam pergolakan krisis keuangan. Kemudian saham memulai kisah reboundnya. Dari posisi terendah pasar Maret 2009 hingga sekarang, S&P 500 telah memperoleh 369 persen kenaikannya. Demikian pula, Dow Jones Industrial Average juga telah menjalankan kenaikannya dengan baik, naik 326 persen dalam periode waktu yang sama.

Berbeda dengan BTC yang telah mengejutkan mata dunia finansial, naik jauh di atas angka 12 juta persen (ya, ini memang kenyataan) selama jangka waktu satu tahun yang lebih pendek, mulai dari Maret 2010. Saat itulah harga 1 BTC sekitar $ 0,05, data diambil dari Messari.

Keberhasilan Crypto kemungkinan dapat dikaitkan dengan karakteristik yang paling menentukan: volatilitas tinggi dan likuiditas, memungkinkan pelaku pasar untuk dengan cepat dan mudah berdagang diantara mata uang digital dan fiat.

Lorenzo Pellegrino, CEO Skrill, platform pembayaran lintas batas yang memanfaatkan crypto, mengatakan bahwa aset digital menyerupai pasar yang baru lahir. Harga yang bisa memantul sesukanya memungkinkan kelas aset ini mengungguli semua kelas aset yang lain berdasarkan pada sentimen tidak rasional dan rendahnya hambatan untuk masuk.

“Saat (crypto) sudah matang, kita harus mulai melihat peningkatan stabilitas dan fundamental inti yang akan menjadi jelas,” kata Pellegrino.

Gambar sampul dari Dreamstime

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami