NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
CEO Litecoin: Halving Bulan Depan Akan Menjadi ‘Kejuta...

Berita, Berita Altcoin, Berita Pertambangan/Mining

CEO Litecoin: Halving Bulan Depan Akan Menjadi ‘Kejutan’ Bagi Penambangan Litecoin

Pendiri Litecoin Charlie Lee meramalkan bahwa banyak dari para penambang akan tutup atau mematikan mesin penambangannya setelah halving bulan depan nanti.

Situs berita crypto Australia Mickey hari ini melakukan sesi wawancara dengan Lee yang merefleksikan implikasi yang mungkin akan terjadi pada ekosistem penambangan Litecoin ketika halving terjadi dan hadiah/reward blok saat ini pada jaringan nantinya akan dikurangi sebesar 50%. “Hal ini selalu mengejutkan bagi sistem,” katanya, ia menjelaskan secara rinci:

“Ketika hadiah penambangan dikurangi sebanyak setengah dari sebelumnya, beberapa penambang tidak akan merasa untung dan mereka akan memilih untuk mematikan mesin penambangan mereka. Jika persentase besar para penambang melakukan hal itu, maka blok akan melambat untuk beberapa saat. Untuk litecoin, tiga setengah hari sebelum perubahan berikutnya, akan terjadi seperti tujuh hari blok yang lebih lambat atau mengalami perlambatan munculnya block baru, dan kemudian setelah itu, difficulty akan menyesuaikan kembali dan semuanya akan kembali seperti semula.”

Mengingat bahwa pengurangan hadiah penambangan akan mengurangi pasokan mata uang kripto, antisipasi terhadap halving biasanya disertai dengan apresiasi harga yang sesuai – tetapi Lee memberikan perspektif yang lebih bernuansa tentang bagaimana pasokan, permintaan, dan sentimen pasar akan saling berkaitan:

“Dalam hal harga, halving harus diberi harga karena semua orang tahu tentang hal itu sejak awal. Tapi masalahnya orang-orang berharap harga naik. Jadi banyak orang yang membeli karena mereka mengharapkan harga akan naik dan itu semacam ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya. Jadi, karena mereka membeli, harganya akan benar-benar naik.”

Kembali pada bulan Agustus 2015 – LTC memuncak pada awal Juli tahun itu, dan mengalami penurunan harga hampir 50% pada saat reward block berkurang separuh – dan mencapai 75% pada saat halving.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami