NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Cara Menjual Bitcoin Secara Cepat Dan Aman Bagi Pemula Dan I...

Bitcoin, Wikipedia Crypto

Cara Menjual Bitcoin Secara Cepat Dan Aman Bagi Pemula Dan Investor Baru

Sebelumnya ane memberikan tips dalam membeli Bitcoin secara aman, nah sekarang ane mau share nih mengenai cara menjual Bitcoin. Mencairkan atau menjual Bitcoin Agan bukan perkara yang mudah, tak semudah Agan membeli BTC. Jika Agan memutuskan untuk menjual Bitcoin secara online, Agan dapat melakukannya melalui bursa pertukaran, perdagangan secara langsung atau melakukan transaksi peer-to-peer.

Selain menjual Bitcoin di Bursa Pertukaran, Agan juga bisa menjual dan menarik uang menggunakan ATM Bitcoin atau menjual Bitcoin secara langsung kepada orang lain.

Ok… biar gag bertele-tele ane langsung saja masuk ke pembahasan pertama…

Bursa Pertukaran

Meskipun memiliki beberapa kelemahan, bursa pertukaran adalah solusi one stop-perdagangan Bitcoin. Dalam menjual cryptocurrency, bursa pertukaran bertindak sebagai perantara atau pihak ketiga yang memegang dana penjual dan pembeli.

Pertama-tama nih, Agan perlu mempunyai akun dengan bursa pertukaran pilihan Agan. Mayoritas bursa pertukaran besar di Indonesia atau di luar negeri pun akan membutuhkan verifikasi identitas secara lengkap dan rekening bank yang terhubung dengan akun sehingga Agan dapat menarik dana secara bebas.

Kemudian, Agan cukup menempatkan ‘order sell/menjual,’ jenis mata uang yang ingin Agan jual, jumlahnya dan harga yang diminta per unit juga harus Agan tentukan sendiri. Bursa pertukaran akan secara otomatis menyelesaikan transaksi begitu ada seseorang yang cocok dengan penawaran Agan tadi.

Setelah dana dikreditkan ke akun Agan, Agan harus menariknya ke rekening bank yang sudah terhubung. Hal ini kadang-kadang bisa memakan banyak waktu yang cukup lama sih paling 30 menit hingga 1 jam lah, terutama jika bursa mengalami masalah dengan banknya atau menghadapi masalah likuiditas bisa lebih lama lagi.

Penting juga untuk dipertimbangkan mengenai masalah biaya yang harus Agan bayarkan di beberapa bursa pertukaran. Misalnya, salah satu bursa pertukaran mata uang digital besar di Indonesia Indodax.com akan membebankan biaya tetap sebesar 1 persen yang dihitung dari jumlah penarikan untuk penarikan dana melalui transfer Bank (di Indodax jika kita ingin menarik dana semua tersedia melalui transfer bank dan pilihan bank juga sudah banyak mulai dari BCA, BRI, Mandiri Dan masih banyak lagi). Biaya penarikan dana bisa saja bervariasi tergantung pada bursa pertukaran itu sendiri, tetapi mengenai biaya transaksi biasanya selalu kecil atau bahkan tidak ada sama sekali.

Selain itu, sebagian besar bursa pertukaran akan memiliki batasan jumlah uang yang dapat ditarik perharinya.

Oke.. ane peringatkan kembali buat Agan-Agan sekalian, penting untuk diingat ya.. meskipun bursa pertukaran menawarkan layanan dompet, bursa pertukaran bukan berarti tempat yang aman dan dapat diandalkan untuk menyimpan dana Agan lho ya. Bursa pertukaran ini sangat rentan terhadap serangan hacker, dan sudah banyak contoh bursa pertukaran yang tiba-tiba tutup, bangkrut, melarikan diri dengan membawa dana pengguna mereka. Oleh sebab itu mengapa sangat perlu Agan bertanggung jawab penuh atas dana Agan sendiri dan menyimpan sejumlah dana yang tidak dibutuhkan dalam dompet offline atau dompet penyimpanan digital yang aman.

Menjual Bitcoin secara langsung

Tipe perdagangan mata uang digital secara langsung biasanya sangat mudah untuk dijumpai seperti COD lah. Yang perlu Agan lakukan dengan metode ini dalam menjual Bitcoin adalah memindai kode QR di ponsel seseorang dan menerima uang tunai di tempat. Jika Agan menjual kepada teman atau kerabat, Agan hanya perlu memindahkan Bitcoin yang akan dijual dengan dompet Bitcoin, kirimkan jumlah yang diperlukan dan terima uang tunai secara langsung Agan.

Namun, jika Agan berurusan dengan orang secara acak atau yang baru Agan kenal, kemungkinan besar Agan akan melalui beberapa negosiasi panjang untuk membahas harga, tempat pertemuan dan kondisi terkait lainnya. Selain itu, Agan juga perlu mempertimbangkan beberapa hal untuk memastikan keamanan dana Agan.

Online P2P trading

Pasar perdagangan peer-to-peer merupakan perkembangan yang tergolong baru di dunia Bitcoin. Tidak ada bursa pertukaran dana secara langsung yang terjadi. Namun, situs web tersebut pada dasarnya berfungsi sebagai platform yang menyatukan orang-orang dengan kebutuhan yang berbeda namun saling melengkapi.

Layanan ini pada dasarnya dirancang untuk saling menguntungkan orang-orang yang ingin membeli Bitcoin dengan kartu kredit mereka dan mereka yang ingin membelanjakan Bitcoin mereka untuk membeli barang dari tempat-tempat yang tidak menerima mata uang digital sebagai bentuk pembayaran. Intinya, pertama-tama kita akan mendapatkan mata uang fiat dari penukaran BTC tadi, lalu kita dapat membeli barang atau kebutuhan lain tersebut.

Situs web P2P ini yang nantinya akan memfasilitasi layanan pertukaran dan menyediakan pengguna dengan layanan escrow untuk transaksi, serta dompet untuk menyimpan Bitcoin.V

Beberapa Saran Agar Transaksi Penjualan Agan Tetap Aman

Menjual Bitcoin secara person to person adalah pilihan perdagangan yang sempurna bagi mereka yang menginginkan anonimitas dan tidak terlacak oleh bank. Namun, pertimbangan keamanan, terutama ketika berdagang dengan orang asing dari Internet ini adalah hal yang sangat penting.

Pertama-tama, Agan harus berhati-hati dalam memilih tempat untuk bertemu dan melakukan transaksi. Harus di tempat umum dengan akses Internet yang aktif, karena Agan-agan berdua harus bisa mengakses dompet online masing-masing. Membawa seorang teman ke tempat tersebut juga bisa dan umum untuk dilakukan saat melakukan COD tersebut dan pastinya harus dengan sepengetahuan sang pembeli juga lho ya.. kalau tidak dikira bakal ngerampok lagi.

Intinya, ambil tindakan pencegahan yang sama seperti ketika membawa sejumlah besar uang tunai. Waspada serta hindari transportasi umum dan jangan pernah bertemu di rumah pribadi.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami