You have not selected any currencies to display
Cara Hindari Penipuan Bitcoin Serta Investasi Bodong Bitcoin

Penjelasan, Wikipedia Crypto

Cara Hindari Penipuan Bitcoin Serta Investasi Bodong Bitcoin

2014 merupakan tahun yang monumental bagi bitcoin dalam banyak hal.

Penerapan konsumen yang meningkat secara signifikan dan sejumlah ritel, termasuk perusahaan global besar yang memutuskan untuk mengambil risiko ke dalam mata uang digital. Terlebih lagi, regulator telah dimulai untuk mengungkapkan pemahaman akan meningkatnya teknologi dan blockchain bitcoin secara luas diakui sebagai teknologi yang benar-benar inovatif.

Tapi itu belum semuanya sebagai berita bagus.

Runtuhnya Mt Gox pada bulan Februari, lalu pertukaran bitcoin yang membesar, menyorotkan cahaya pada pentingnya keamanan dompet dan menyebabkan peningkatan adopsi teknologi multi-signature selama 2014.

Selain itu, meskipun ekosistem bitcoin telah berkembang ke arah yang benar, penipuan masih muncul secara teratur.

Penipuan akan pertukaran dan jasa cloud mining, skema phishing, pump-and-dump dan penipuan IPO, dan banyak lagi, adalah keamanan yang mempunyai resiko berkelanjutan yang dihadapi pengguna cryptocurrency sehari-hari. Minggu ini saja, tiga jasa cloud mining tampaknya sudah bangkrut.

Jadi bagaimana Anda dapat menghindari penipuan di ruang bitcoin? Meskipun tidak ada cara ampuh untuk melindungi kepemilikan Anda terhadap serangan teknis seperti ini, berikut adalah beberapa langkah-langkah peringatan yang akan membantu, yang ditawarkan oleh para ahli keamanan di industri.

1. Lihat apakah perusahaan telah diaudit publik

Sebuah proses audit kriptografi proof-of-reserves adalah cara yang baik untuk mengungkapkan kepemilikan bitcoin dengan cara yang diverifikasi. Proses ini dapat meyakinkan pelanggan bahwa perusahaan mampu secara finansial untuk memenuhi akhirnya dari kesepakatan bisnis.

George Avetisov adalah CEO HyprKey, sebuah startup yang bertujuan untuk melindungi pengguna mata uang digital dari penipuan dengan memanfaatkan HYPR-3 three-factor authentication.

Dia mengatakan:

“Sering kali Anda akan menemukan sebuah startup bitcoin yang mengklaim untuk memberikan sesuatu yang konyol seperti cold storage komputer kuantum-nol mutlak kelas militer multisig, padahal sebenarnya latar belakang pemeriksaan yang cepat pada perusahaan menunjukkan bahwa mereka tidak memiliki dana atau sumber daya untuk mempertahankan keamanan eksotis seperti sebelumnya.”

2. Jika memungkinkan, lakukan pemeriksaan latar belakang Anda sendiri

Jika Anda tidak menyerahkan uang Anda untuk sebuah perusahaan yang didirikan seperti BitPay, Circle atau Coinbase, tidak memberikannya kepada sebuah perusahaan yang membuat tim pengembangan anonim atau pertukaran yang pemiliknya tidak bisa dilacak. Perusahaan harus secara terbuka mengungkapkan identitas petugas mereka dan didaftarkan secara hukum untuk beroperasi.

Rodrigo Souza, yang memimpin platform teknologi berbasis di New York BlinkTrade merekomendasikan googling informasi WHOIS perusahaan. Ini harus menunjukkan nama di bawah yang terdaftar di perusahaan dan berapa lama berada di pasar.

“Cukup banyak scam jika itu pribadi,” katanya. “Jujur perusahaan tidak melakukan perlindungan nilai domain mereka di dunia swasta.”

gege

CEO penyedia dompet multisig BitGo, Will O’Brien, menyarankan mencari forum online seperti Bitcoin Talk atau Reddit untuk mendapatkan solusi dalam situasi yang dihadapi.

“Ada banyak forum yang aktif di mana pengguna membahas penipuan yang diketahui atau diduga, dan calon pembeli harus membiasakan diri dengan orang-orang sebelum melakukan pembelian atau investasi,” katanya. “Ini juga lebih baik untuk berhubungan dengan seseorang di perusahaan melalui telepon, atau lebih baik secara pribadi, sedapat mungkin.”

3. Carilah transparansi dan praktik bisnis terbaik

Kurangnya transparansi akan membuka pintu untuk tindakan penipuan atau mismanajemen. Oleh karena itu, bursa harus setransparan mungkin dan membuktikan solvabilitas mereka jika mereka akan ingin berlindung dari skenario Mt Gox.

Souza merekomendasikan bahwa perusahaan terkemuka melakukan bagian mereka untuk membantu pelanggan lebih mudah mengenali praktik bisnis terbaik.

Dalam upaya untuk transparansi, perusahaan harus melampirkan penafian pada akhir email mereka yang menjamin penerima, katanya. Tersebut harus menjabarkan bahwa perusahaan tidak pernah (atau minimal) akan meminta informasi pribadi melalui email, sehingga pelanggan tidak pernah khawatir tentang phishing scams.

“Kami selalu meletakkan hal itu di footer dari email dan perusahaan-perusahaan besar harus mulai melakukan hal itu,” katanya.

4. Kenali jika ‘penipuan’ hanya mismanajemen

Penipuan menyiratkan niat jahat. Hal ini terjadi terlalu sering bahwa bisnis bitcoin ternyata tidak kompeten dan kurang berhasil. Namun, mereka mungkin tidak memiliki niat untuk scam pelanggan mereka.

“Perbedaan antara kedua adalah fuzzy line,” kata Olaf Carlson Wee, head of risk di Coinbase, “sebagai sebuah bisnis yang tidak kompeten bisa menjadi lebih berbahaya daripada scam secara langsung.”

Souza lebih lanjut menjelaskan: “Orang-orang bingung dengan keterampilan pemasaran yang buruk dan pengembangan keterampilan yang miskin dengan scammers. Ini tidak disengaja, itu ketidakmampuan.”

HyprKey di Avetisov mengatakan reputasi publik akan bitcoin sebagian besar masih negatif, hal ini sebagian besar berkaitan dengan jumlah penipuan yang terjadi “oleh bisnis yang menjanjikan konsumen mulai dari hardware pertambangan untuk cold storage, hanya untuk mencuri dana pengguna mereka.”

Dia menambahkan:

“Saya berpikir bahwa sementara ancaman langsung terhadap pertumbuhan bitcoin adalah scam cyber, inhibitor yang lebih luas digunakan bitcoin adalah kurangnya kepercayaan pada perusahaan dalam membangun infrastruktur luar.”

5. Jangan anggap remeh common sense

Jika apa yang Anda lihat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, sangat mungkin menjadi scam. Itu sikap yang konsisten di antara para ahli keamanan industri.

“Ketika membeli hardware pertambangan, selalu pastikan untuk mendapatkan tanggal pengiriman dari pedagang, dan pastikan pedagang memiliki lokasi fisik yang terdaftar dan banyak pelanggan yang senang,” kata Wee.

Peneliti Cornell University Emin GUN Sirer menyarankan bahwa tidak ada perusahaan yang harus diambil pada nilai nominalnya, mengatakan:

“Asumsikan bahwa setiap model bisnis baru dalam ruang bitcoin scam kecuali terbukti sebaliknya. Asumsikan bahwa setiap pelaksanaan berniat baik dibagi sebagai intinya, kecuali jika telah diaudit secara terbuka. Jangan percayakan private key Anda dan informasi anda kepada siapa pun.”

Orang lain yang mengetahui private keys Anda itu adalah hal yang buruk, tambahnya, blockchain tidak memiliki “account owners” dan transaksi tidak dapat dikembalikan. Karena kunci adalah mekanisme otentikasi satu-satunya, katanya, “siapa pun yang memegang kunci atas nama Anda memiliki semua kekuatan yang tak terkendali terhadap Anda”.

Avetisov mengatakan bitcoin pemula cenderung lupa bahwa mata uang digital tidak dapat diubah dan mungkin terlalu cepat untuk menyerahkan mereka kepada pihak ketiga.

“Saran saya untuk setiap pemula yang berkecimpung dalam cryptocurrency akan memperlakukannya bitcoin sebagai uang tunai dingin mereka,” katanya.

Jangan lewatkan rekap kita dari  seven biggest crypto scandals 2014.

Source : http://www.coindesk.com/avoid-bitcoin-scams-2015/

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami