NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
BNI Manfaatkan Teknologi Blockchain Pada Bisnis Trade Financ...

Berita

BNI Manfaatkan Teknologi Blockchain Pada Bisnis Trade Finance dan Remittance Pertama Di Indonesia

Sebenarnya berita ini sudah lama, dari 11 Mei 2018. Menurut Siaran Pers, Bank Negara Indonesia (BNI) sudah siap memanfaatkan teknologi blockchain untuk meningkatkan kinerja bisnis perbankan guna produk trade finance dan remittance. BNI merupakan perbankan pertama di Indonesia yang akan menerapkan teknologi blockchain.

Keseriusan BNI untuk memanfaatkan teknologi blockchain ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU antara Direktur Tresuri dan Internasional Rico Rizal Budidarmo dengan Chief Executive Officer (CEO) PT Adamobile Solutions Networks Adam Suherman di Jakarta, pada hari Jumat – 11 Mei 2018 silam. Yang turut hadir menyaksikan penandatanganan tersebut adalah Duta Besar RI Untuk China Djauhari Oratmangun, dan Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI Dadang Setiabudi.

Menurut Rico Rizal Budidarmo, teknologi blockchain merupakan teknologi yang menggunakan konsep distributed ledger yang memungkinkan data terdistribusi pada setiap titik yang terhubung di dalamnya dengan efisien dan akuntabel, sehingga semua pihak yang termasuk anggota blockchain dapat melakukan pertukaran data secara real time. Teknologi blockchain menjadi salah satu solusi tepat yang dapat diterapkan pada industri perbankan.

“Penggunaan blockchain pada transaksi trade finance dapat memberikan kemudahan berupa akses dan validasi dokumen yang dapat dilakukan secara real time melalui sistem yang terintegrasi antar anggotanya. Sedangkan untuk transaksi remittance diantaranya untuk pertukaran data secara real time dan aman karena data telah terenkripsi ke seluruh anggota blockchain. Diharapkan teknologi blockchain ini dapat meningkatkan transaksi dan pendapatan BNI secara signifikan, khususnya pada transaksi trade finance dan remittance serta menjadi solusi perbankan di tengah persaingan era digital,” ujar Rico.

Dengan pencapaian tersebut, BNI berkomitmen untuk terus mengembangkan produk perbankan ke arah digital dengan menggandeng perusahaan fintech untuk memberikan solusi dan kemudahan transaksi bagi seluruh nasabah BNI. PT Adamobile Solutions Networks sendiri merupakan salah satu perusahaan financial technology (fintech) dengan spesialisasi teknologi blockchain. (Website BNI)

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami