NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Blockchain EOS Alami Kemacetan Akibat Airdrop Dari Token EID...

Berita, Berita Blockchain

Blockchain EOS Alami Kemacetan Akibat Airdrop Dari Token EIDOS

Menurut laporan dari Coinbase, akibat airdrop token EIDOS blockchain EOS mengalami kepadatan hingga macet.

Coinbase mengklaim bahwa bursa Coinbase mengalami kesulitan dalam memproses transaksi para kliennya karena terjadinya kemacetan pada jaringan EOS yang disebabkan oleh acara airdrop token EIDOS. Coinbase memecahkan masalah tersebut dengan meningkatkan jumlah CPU yang distake, mengamankan sebagian dari CPU time yang tersisa di jaringan untuk memproses transaksi-transaksinya.

Menariknya, kejadian itu juga menyebabkan harga dari CPU time di jaringan meningkat lebih dari 100.000% selama 4 jam lamanya. Harga dari CPU time bisa mencapai hampir 7,69 EOS/milidetiknya.

Penyebab Kemacetan Pada Jaringan EOS

Menurut Coinbase, token yang disebut EIDOS ini dirilis pada jaringan EOS di tanggal 31 Oktober 2019 dan memiliki program airdrop yang mau tak mau harus melibatkan pengiriman transaksi di jaringan dari smart contract token.

Coinbase telah mendaftarkan pair EIDOS/USDT dari tanggal 1 November 2019.

Untuk menjual token, pengguna harus menggunakan CPU time pada jaringan untuk meningkatkan jumlah transfer yang diproses oleh blockchain. Hal ini, pada gilirannya, menyebabkan jaringan EOS memasuki mode kemacetan dan membatasi jumlah transaksi yang dapat disiarkan pengguna ke bagian pro-rata total sumber daya CPU yang distake di blockchain.

“Saat ini, kami mengamati sekitar 95% dari semua tindakan transfer EOS masih terkait dengan kontrak EIDOS.”

Artinya transaksi yang terjadi pada EOS ini 95 persen adalah hasil dari transaksi smart contractnya EIDOS, dan hal ini yang memicu kemacetan pada jaringan EOS.

Rata-rata pengguna yang memiliki jumlah sumber daya CPU yang relatif rendah, saat ini tidak dapat membuat transaksi (transfer dana). Coinbase menuturkan bahwa situasi ini hanya sementara. Coinbase berharap jaringan bisa kembali normal sesegera mungkin setelah sewa CPU ini berakhir (setelah 30 hari) dan pemberi pinjaman tidak memperbarui sewanya.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami