You have not selected any currencies to display
Bitcoiners Suka Pakai Browser Tor? Waspada Dengan Browser To...

Berita Penipuan Dan Peretasan

Bitcoiners Suka Pakai Browser Tor? Waspada Dengan Browser Tor Jenis Ini, Kalau Ingin Bitcoin Kalian Aman!

Pastikan terlebih dahulu jika ingin menginstal browser Tor, apakah browser itu asli atau palsu? jika tidak maka Bitcoin Anda adalah taruhannya!

Lagi-lagi para peretas telah menyusup ke dalam browser Tor yang dikemas dengan beberapa alat kejahatannya yang digunakan untuk memata-matai pengguna serta mencuri bitcoin mereka.

Hal ini ditemukan oleh para peneliti dari perusahaan keamanan IT ESET, browser Tor palsu yang telah mengalami trojanisasi ternyata bisa mencuri sejumlah bitcoin hingga saat ini, Bitcoin diambil dengan cara menukar alamat ketika pengguna akan melakukan pembayaran atau transaksi di market dark net.

Peneliti malware senior ESET, Anton Cherepanov, mengatakan telah mengidentifikasi tiga dompet bitcoin yang digunakan oleh para peretas sejak 2017 itu.

“Setiap dompet berisi dengan sejumlah transaksi; kami menganggap ini sebagai konfirmasi bahwa dompet ini memang digunakan oleh Browser Tor palsu yang sudah terkontaminasi trojan,” jelas Cherepanov.

Ternyata ketiga dompet milik peretas tersebut telah menerima 4,8 bitcoin (senilai 38.700 dollar AS).

Tersangka di balik browser Tor palsu ini telah menggunakan forum dan pastebin.com untuk mendistribusikan alat kejahatan mereka (browser Tor yang palsu) sebagai versi resmi berbahasa Rusia dari aplikasi tersebut.

Cara Kerja Browser Tor Palsu

Pertama-tama, pengguna akan menerima sebuah peringatan bahwa Browser Tor mereka sudah kedaluwarsa, meskipun tidak benar. Pengunjung yang sudah tertipu oleh pesan tersebut kemudian akan digiring ke website yang kedua dengan installer untuk aplikasi browser yang palsu.

Setelah terinstal, browser yang sarat akan malware dapat memata-matai situs web apa yang sering dikunjungi pengguna, untuk mengubah data pada halaman yang dikunjungi dan mengambil konten formulir data. Peretas berpotensi menampilkan informasi palsu kepada pengguna, browser palsu ini akan melakukan aksinya untuk mengubah alamat dompet dengan tujuan mencuri bitcoin, kata Cherepanov.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami