NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Bitcoin vs. Facebook Coin Persaingan Untuk Mencapai Adopsi M...

Berita, Berita Bitcoin

Bitcoin vs. Facebook Coin Persaingan Untuk Mencapai Adopsi Masal – Mana Yang Menang?

Ben Mezrich, sang penulis The Accidental Billionaires, yang kemudian diadaptasi menjadi film The Social Network, akan merilis buku barunya bulan ini – The Bitcoin Billionaires: A True Story of Genius, Betrayal, and Redemption. Ini memberikan laporan tentang persaingan antara Mark Zuckerberg dan si kembar Winklevoss, yang membuat si kembar menempuh jalur investasi dalam Bitcoin, dan kemudian, membuka bursa pertukaran Gemini.

Seperti yang kita ketahui, Winklevoss menuntut klaim bahwa Zuckerberg telah mencuri ide mereka. Namun, jika mengingat perkembangan koin Facebook, mungkinkah Zuckerberg yang akhirnya menjadi seseorang yang mampu membawa crypto ke adopsi masal?

Mari Kita Kilas Balik Mengenai Facebook

Pada tahun 2003, Tyler dan Cameron Winklevoss adalah mahasiswa Harvard dengan ide untuk membantu mahasiswa bertemu atau menemukan satu sama lain secara online. Untuk membantu pengkodean, mereka mempekerjakan Mark Zuckerberg, yang merupakan mahasiswa tahun kedua.

Tetapi tanpa diketahui si kembar, Zuckerberg diam-diam bekerja di jejaring sosial lain. Catatan menunjukkan Zuckerberg mendaftarkan nama domain thefacebook.com pada 11 Januari 2004, periode dimana pengembangan awal ConnectU terjadi.

Kemudian, si kembar Winklevoss menggugat Zuckerberg pada tahun 2008. Masalah itu diselesaikan di luar pengadilan dengan $ 65 juta, yang terdiri dari $ 20 juta uang tunai dan sisanya di saham Facebook, yang mereka gunakan untuk berinvestasi dalam proyek baru serta ke dalam Bitcoin, yang pada saat itu masih diperdagangkan di kisaran harga $ 10.

Lanjut Ke Facebook Coin

Facebook telah berkembang hingga saat ini. Menurut Zephoria, saat ini ada lebih dari 2,4 miliar pengguna bulanan aktif di platform Facebook. Tidak hanya itu, ditambah akuisisi Instagram, dengan 1 miliar pengguna, dan WhatsApp, dengan 1,5 miliar pengguna, Kerajaan Facebook telah tumbuh menjadi kekuatan yang besar saat ini.

Dan tiba saatnya, Facebook sekarang mulai merentangkan tangannya ke blockchain. Saat ini, detail mengenai proyek blockchainnya masih sangat minim; Namun, menurut Wall Street Journal, Project Libra, dikabarkan akan menjadi stablecoin dengan fungsionalitas pembayaran.

Dan mengingat basis pengguna Facebook yang sudah jelas dan mapan, Project Libra memiliki potensi untuk mengubah cryptocurrency keranah itu. Michael Spencer, penulis futurist untuk Medium berbicara tentang keunggulan yang dimiliki ini daripada proyek-proyek pemula lainnya. Dia berkata:

“Jika stablecoin Facebook berfungsi dengan benar, itu akan berfungsi di seluruh situs web dan tidak hanya di Facebook. Facebook dalam hal ini akan mampu menyaingi Apple Pay dengan stablecoin-nya. Itu pada dasarnya, awal dari token economy besar-besaran di mana stablecoin cenderung mendominasi, tidak fluktuatif seperti altcoin Bitcoin.”

Namun, tidak semua orang yakin akan hal ini. Misalnya, Badan Layanan Keuangan Jepang tidak mengakui stablecoin sebagai cryptocurrency. Sebaliknya, menurut hukum Jepang, mereka adalah alat pembayaran prabayar. Selain itu, pihak lain mengkritik stablecoin karena sifatnya yang terpusat. Dengan mengingat hal itu, Ran NeuNer mengatakan bahwa pemegang Bitcoin tidak harus terlalu khawatir akan hal ini.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami