NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Bitcoin dan Emas Mulai Memperlihatkan Pergerakan Yang Sama, ...

Berita, Berita Bitcoin

Bitcoin dan Emas Mulai Memperlihatkan Pergerakan Yang Sama, Apakah Harga Bitcoin Akan Naik Dari Sini?

Beberapa minggu terakhir, perang dagang antara pemerintahan Trump dan China telah memanas, dan memicu kekhawatiran bahwa ekonomi global sedang lesu. Ketakutan telah menyebabkan masuknya modal secara besar-besaran ke pasar emas dan Bitcoin yang memiliki batas suplai dan potensi penggunaannya sebagai lindung nilai atau safe haven ekonomi.

Kedua pasar ini (Bitcoin dan Emas) bergerak “lockstep” dari bulan lalu dan telah menunjukkan korelasi “yang tinggi” di antara kedua aset sejak 2016. Setelah kenaikan yang kuat di kedua aset tersebut, harga terkonsolidasi dan emas mulai naik lagi – akankah Bitcoin juga akan mengikuti dan meneruskan jalan bull marketnya?

Emas Digital dan Fisik Terus Menunjukkan Korelasi Di Tengah Gejolak Ekonomi

Emas, logam mulia yang sering digunakan untuk perhiasan ini juga digunakan sebagai lindung nilai ekonomi selama resesi global, penyimpan nilai, dan secara historis emas dulu juga digunakan sebagai mata uang transnasional.

Bitcoin, yang juga disebut sebagai “emas digital” memiliki banyak atribut yang sama dengan logam emas tersebut, tetapi tidak memiliki jejak fisik yang memerlukan penyimpanan. Bitcoin juga membutuhkan ruang penyimpanan khusus untuk melindunginya dari pencuri, tetapi hanya membutuhkan data.

Karena keduanya memiliki begitu banyak kesamaan dan manfaat yang sama, tidak terlalu mengejutkan bahwa kedua jenis aset tersebut sering menunjukkan korelasi dalam pergerakan harga. Namun, dengan meningkatnya tekanan ekonomi global, kedua aset telah menunjukkan korelasi tertinggi sejak 2016, menurut analis Mati Greenspan.

Analis Senior eToro mengatakan bahwa kedua aset telah bergerak “lockstep” selama sebulan terakhir sejak emas mampu menembus level resistensinya. Sejak saat itu, kedua aset ini telah membuat reli yang sama, diikuti oleh konsolidasi pada level harga saat ini. Emas baru-baru ini mulai naik kembali, dan ini dapat menunjukkan bahwa Bitcoin juga akan mengikuti jalur pergerakan yang sama, yaitu naik.

Goldbug dan Bitcoin basher Peter Schiff baru-baru ini juga mengatakan bahwa kenaikan harga emas baru saja dimulai, rally Bitcoin baru-baru ini tidak lebih dari reli sucker atau pengisap, dan siapa pun yang memasukkan uang ke dalam aset crypto pada dasarnya hanya membuang uang.

Analis mungkin terbukti benar jika emas akan terus naik dari sini, sementara Bitcoin akan mengarah ke bawah untuk mencari titik support.

Emas naik dari posisi terendah di kisaran harga 1.269 dollar AS ke level harga tertinggi saat ini di 1.423 dollar AS per ons, mendapat kenaikan harga sebanyak 12%. Pada saat yang sama, Bitcoin naik dari posisi terendah sekitar 3.150 dollar AS ke level tertinggi lokalnya 13.800 dollar AS, investor yang membeli Bitcoin mendapatkan keuntungan sebanyak 338%. Sementara itu emas hanya tumbuh jauh lebih sedikit dalam persentasenya, diperlukan seluruh cap pasar Bitcoin untuk menggerakkan emas sebesar 3%, sejauh ini hanya sedikit modal yang berperan di sini di pasar Bitcoin.\

Emas bisa mengalahkan Bitcoin dengan gampangnya sebagai pemenang tempat lindung nilai ekonomi diantara kedua aset tersebut. Namun, jika Bitcoin terus melanjutkan langkahnya yang positif, itu akan memperkuat BTC sebagai pengganti emas dan bertindak sebagai emas digital.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami