NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Benarkah Satoshi Nakamoto Baru Saja Memindahkan Koinnya?

Berita Bitcoin

Benarkah Satoshi Nakamoto Baru Saja Memindahkan Koinnya?

Ingat pendiri Bitcoin? Satoshi Nakamoto, mungkin baru saja memindahkan koinnya dari alamat yang berusia 11 tahun. Seluruh dananya atau BTC itu pindah ke chain yang tidak bisa dilacak.

Alamat Bitcoin (BTC) yang menampung 50 BTC dari hasil reward pertambangan baru saja menunjukkan aktivitas pertamanya sejak Februari 2009 – selang satu bulan setelah penciptaan Bitcoin.


Sumber: Blockchain

Menurut data dari blockchain.com, alamat 17XiVVooLcdCUCMf9s4t4jTExacxwFS5uh telah memindahkan seluruh hasil hadiah penambangan sebesar 50 BTC ke dua alamat dompet yang berbeda.

Baca Artikel Lainnya: Aset Digital Bitgesell Menyediakan Ekosistem Sempurna Untuk Menjadi Emasnya Digital

Sumber: Blockchain

Dari jumlah tersebut, 40 BTC masih tidak aktif mungkin hanya sebagai tempat pemindahan dana saja. 10 BTC yang tersisa ini malah dikirim ke alamat multisig, sebagaimana dibuktikan dengan nomor awalnya.

Mulai dari sini rantai atau chain transaksi menjadi lebih sulit untuk dilacak, karena BTC sudah dipecah menjadi banyak bagian dalam rantai output yang sangat kompleks.

Apakah ini benar-benar Satoshi?

Dompet itu berisi transaksi coinbase yang menghasilkan 50 BTC yang ditambang pada 9 Februari 2009.

Sudah menjadi kabar jelas di komunitas bahwa “kekayaan” Satoshi tersebar di beberapa dompet berbeda yang masing-masing berisi transaksi dari coinbase.

Hanya ada tiga orang yang tahu tentang Bitcoin pada saat itu: Satoshi, Hal Finney yang telah meninggal dan Martti Malmi.

Teori tentang kemungkinan pemilik dana yang baru saja di pindahkan ini termasuk istri Finney dan Malmi, namun Satoshi juga tak luput dari kemungkinan sang pemilik dana tersebut. Rantai transaksi yang kompleks menunjukkan bahwa si pemilik dana ini berupaya untuk menyembunyikan tujuan akhir dana.

Secara teori sebenarnya mungkin, tetapi sangat tidak mungkin jika aktor lain/hacker membobol private key dompet tersebut.

Akibat pemindahan dana yang masih menimbulkan kontroversi ini harga BTC harus terjun malam ini.

Baca Artikel Lainnya: Coinbase Research, Jika Bitcoin Mengalami Downtrend, Investor Akan Beralih Ke Altcoin

Gambar dari Medium

Redaksi Bitcoin News Indonesia

Komentar

comments

Bitnami