NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Beberapa Alasan Mengapa Harga Bitcoin Bisa Turun Di Bawah $ ...

Analisis, Analisis Mingguan, Analisis Pasar

Beberapa Alasan Mengapa Harga Bitcoin Bisa Turun Di Bawah $ 4.800 dalam Beberapa Minggu Mendatang

Harga bitcoin terus melanjutkan reli kenaikan harga pada hari Jum’at karena para pedagang mempertahankan target naik dan siap menembus harga $ 6,400.

BTC/USD mencapai harga $ 6.371 di bursa Bitstamp untuk membawa rebound bullish bersih naik 102 persen. Pasangan ini, menurut analis pasar Josh Rager, sekarang tengah menguji level harga $ 6.427 sebagai resistensi jangka pendek sementara $ 6.345 memberikan support penting untuk aksi naik potensial bitcoin berikutnya.

Rager juga menyoroti bahwa RSI mingguan bitcoin telah melewati di atas 70 – wilayah overbought – untuk pertama kalinya sejak 1 Januari 2018. Analis mengatakan bahwa cryptocurrency memerlukan pullback, yang akan menetralkan sentimen pasarnya.

Historis RSI Pullback

Sementara itu harga bitcoin tidak jauh dari mencapai target harga $ 6.400, potensi untuk memperpanjang momentum bullishnya terlihat lemah, setidaknya dalam jangka menengah ini.

Sejarah cryptocurrency menunjukkan kemunduran ekstrim setiap kali indikator momentumnya, RSI, memetakan ke wilayah overbought (di atas 70) dalam grafik mingguan. Dalam Kasus 1, seseorang dapat melihat harga bitcoin mengoreksi ke bawah hingga 39,2 persen, dua minggu setelah RSI-nya naik di atas 70. Demikian pula, dalam Kasus 2, harga bitcoin mengalami koreksi penurunan yang serupa hanya seminggu setelah puncak RSI-nya menuju 115.

Kasus 3 menceritakan kisah yang sama: ketika harga bitcoin mencapai harga tertinggi historisnya sekitar $ 20.000 ketika RSI-nya mencapai wilayah overboughtnya. Seminggu kemudian, harga turun sebanyak 43,22 persen, bersamaan dengan penurunan RSI secara bersamaan.

Kasus-kasus ini menawarkan banyak bukti tentang perilaku pedagang setiap kali RSI mingguan mencapai di atas 70. Mereka dapat diterapkan pada skenario saat ini, mengingat sentimen pullback di atas $ 6.400 juga tinggi. Faktor teknis ganda dapat mendorong bitcoin untuk memulai setidaknya koreksi sebanyak 24,95 persen ke bawah, yang akan membawa harga ke kisaran level $ 4,804 – lebih atau kurang.

Bitcoin Tidak Bearish

Pullback tajam tidak akan secara akurat menarik bitcoin keluar dari bias bullish yang kuat, terutama karena fundamental yang kuat muncul di pasar. Fidelity Investments, sebuah perusahaan manajemen aset yang ramah di Wall Street, telah mengumumkan akan mulai membeli dan menjual bitcoin atas nama klien institusionalnya. Presiden dan CEO Billionaire, Abigail Johnson, juga akan berbicara di Blockchain Week NYC mendatang. Setiap pembaruan lebih lanjut darinya mengenai rencana perdagangan bitcoin Fidelity akan memainkan peran kunci dalam meningkatkan sentimen pasar mata uang cryptocurrency.

Ditambah dengan faktor teknis, seperti formasi Golden Cross baru, pasar bitcoin terlihat sangat bullish.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami