NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Bank Sentral Swedia Gunakan Distributed Ledger Technology At...

Berita

Bank Sentral Swedia Gunakan Distributed Ledger Technology Atau DLT

Bank sentral Swedia dekat-dekat ini bakal melakukan uji coba mata uang digital yang berbasis blockchain – yang masih dalam tahap paling awal.

Kamis kemarin, pilot atau uji coba e-krona Sveriges Riksbank merupakan upaya terbaru pada mata uang digital bank sentral (CBDC) yang menggunakan distributed ledger technology atau DLT.

Setidaknya untuk saat ini, uji coba e-krona akan bergerak secara terbatas. Dibangun oleh Accenture dan berdasarkan R3 Corda, uji coba mata uang digital Riksbank ini akan berjalan hanya sebatas simulasi saja hingga Februari 2021 mendatang, Riksbank juga bisa memperpanjang proyek ini selama enam tahun lagi.

Uji coba ini tidak akan melibatkan bank atau pengguna akhir sekalipun; semua simulasi akan dilakukan di jaringan tertutup bank sentral itu saja. Accenture masih mempersiapkan sistem finalnya untuk tahap pengujian lebih lanjut, menurut dewan pers Riksbank.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Bea Cukai Indonesia Gunakan Teknologi Blockchain IBM

Investigasi high-profile terkait uang digital pemerintah ini akan “meningkatkan pengetahuan [Riksbank]” tentang CBDC, jelas bank dalam laporannya. Selain itu juga membantu menyempurnakan pemahaman Riksbank tentang DLT dan “teknologi blockchain,” dua solusi teknologi yang hampir sama identik (dalam pandangan yang dinyatakan bank), Riksbank menghabiskan hampir tiga tahunnya dengan alasan “belum terlalu matang” untuk melakukan uji coba e-krona.

Pemetaan arsitektur konseptual e-krona.
Sumber: Accenture

Uji coba (pilot) ini akan membantu Riksbank dalam menentukan apakah, bagaimana, kapan, dan dalam bentuk apa mereka akan mengeluarkan uang digital kepada rakyat Swedia.


Baca Artikel Terkait Lainnya: Perkenalkan Risk Manager Dari DueDEX

Gambar dari Unsplash

Redaksi Bitcoin News Indonesia

Komentar

comments

Bitnami