NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Bank Sentral Hong Kong Dan Bank Sentral Thailand Buat Solusi...

Berita Blockchain

Bank Sentral Hong Kong Dan Bank Sentral Thailand Buat Solusi DLT Bersama Untuk Pembayaran Lintas Batas

Bank sentral Hong Kong dan Thailand terus pacu implementasi mata uang digital bank sentral (CBDC) untuk meningkatkan efisiensi pembayaran lintas batas Thai baht dan dollar Hong Kong (THB-HKD).

Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA) dan Bank Thailand (BOT) beringsut lebih dekat untuk menerapkan CBDC bersama yang tujuannya untuk pembayaran lintas batas, penelitian tersebut dijuluki Project Inthanon-LionRock.

Selain itu, bank sentral tersebut juga telah mengeluarkan sebuah laporan terperinci yang mencakup ruang lingkup, temuan fungsional dan non-fungsional, manfaat bisnis dan pertimbangan masa depan proyek.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Cara Ethereum Selamatkan Satwa Yang Terancam Punah

Bank-bank sentral tersebut akhirnya menandatangani sebuah MoU pada Mei 2019 silam untuk memulai Proyek Inthanon-LionRock yang berfokus pada peningkatan pembayaran lintas batas dengan CBDC.

Proyek Inthanon-LionRock itu sendiri melibatkan prototipe PoC berbasis DLT dengan jaringan koridor lintas batas THB-HKD. Dengan demikian, sepuluh bank yang berpartisipasi dari Thailand dan Honk Kong akan mendapatkan manfaat dari transfer dana dan melakukan transaksi valas P2P dengan pemotongan biaya yang cenderung rendah.

Proyek ini juga menerapkan smart contract untuk memproses setiap transaksi berdasarkan cara atomic payment-versus-payment (PvP).

“Proyek penelitian bersama kami dengan Bank of Thailand menandai langkah pertama yang penting untuk mengatasi titik-titik kesulitan dari low efficiency dan biaya tinggi dalam pembayaran lintas batas tradisional. Dengan menggunakan teknologi blockchain, solusi inovatif dan unik ini nantinya tidak hanya membahas berbagai masalah teknis dalam aplikasi praktis tetapi juga menawarkan referensi yang baik kepada komunitas perbankan sentral tentang penggunaan Mata Uang Digital Bank Sentral atau CBDC.” Tandas Edmond Lau, Direktur Eksekutif Senior HKMA.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Derivatives Exchange BTCMEX Luncurkan Program Afiliasi Lucrative dan Bonus Perdagangan Senilai $ 120

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami