NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Bank of Canada Bakal Garap Cryptocurrency Sendiri, Apakah Ak...

Berita

Bank of Canada Bakal Garap Cryptocurrency Sendiri, Apakah Akan Menjadi Pesaing Bitcoin?

Bank of Canada menunjuk seorang pejabat untuk mempertimbangkan pengembangan cryptocurrency nasional miliknya. Dengan munculnya berita seperti itu, minat terhadap mata uang digital bank sentral (CBDC) akan meningkat, dapatkah hal itu mengancam keberadaan bitcoin?

Cryptocurrency Nasional

Mike Eppel, seorang Editor Bisnis Senior di 680 News, mengungkapkan bahwa bank sentral Kanada sedang mempertimbangkan pengerjaan pengembangan mata uang kripto nasionalnya.

Selama sesi wawancara, Eppel menarik perhatian terkait cryptocurrency, seperti kerangka kerja regulasi yang belum memadai, serta volatilitasnya. Disela-sela wawancarannya, dia mengajukan sebuah pertanyaan, apakah ini fase selanjutnya dalam cara kita bertransaksi?

Pertanyaan itu adalah sesuatu yang sedang dipertimbangkan oleh pejabat Bank of Canada. Dia berkata:

“Bank Kanada ingin maju. Mereka memiliki memo internal yang mengatakan, ya, pada akhirnya, mereka kemungkinan akan meluncurkan produk semacam crypto.”

Setelah mengatakan hal tersebut, pembicaraan berlanjut, menjadi jelas bahwa alasan yang mendasari hal ini adalah sentralisasi. Eppel melanjutkan:

“Karena ini tentang regulasi. Semua cryptocurrency baru ini tidak diawasi oleh semua jenis regulator pemerintah namun mereka menggunakan ini untuk melacak pengeluaran kita.”

Meskipun demikian, selain motivasi, jelas bahwa bank sentral di seluruh dunia bergerak di bidang ini. Sementara masing-masing negara, secara keseluruhan, tetap bungkam, mereka yang tahu percaya CBDC hanyalah masalah waktu. Sebagai contoh, presiden bank Philadelphia Federal Reserve Patrick Harker mengklaim bahwa CBDC AS tidak bisa dihindari.

Jika benar demikian, dapatkah CBDC nantinya menuntun cryptocurrency lain menuju jalan regulasi yang benar atau malah menggeser?

Apakah Ini Akhir Untuk Bitcoin?

Menurut Nouriel Roubini dari Economist yang pernah menyebut Bitcoin sebagai “ibu dari semua penipuan,” jawabannya adalah ya.

Dalam sebuah artikel yang dirilis akhir tahun lalu, Roubini mengusulkan bahwa bank sentral di seluruh dunia harus mengeluarkan mata uang digital mereka sendiri untuk menggusur cryptocurrency. Dia berkata:

“Jika CBDC dikeluarkan, CBDC akan segera menggantikan cryptocurrency, yang murah, aman atau benar-benar terdesentralisasi.”

Terlebih lagi, dalam skenario seperti itu, ia menepis ide ceruk pasar, melalui privasi, dengan mengatakan:

“Cryptocurrency seperti bitcoin sebenarnya tidak anonim, mengingat bahwa individu dan organisasi yang menggunakan dompet crypto masih meninggalkan jejak digital. Dan pihak berwenang yang secara sah ingin melacak penjahat dan teroris juga bisa menindak akibatnya terciptalah beberapa cryptocurrency dengan privasi lengkap.”

Dan hampir setahun kemudian, prediksi Roubini telah terjadi dengan akurasi yang mengerikan, lalu dibuktikan oleh tindakan baru-baru ini terhadap pornografi ilegal, serta penghapusan koin-koin privasi.

Selain itu, tidak dapat disangkal bahwa Bitcoin adalah pihak yang diunggulkan di sini. Dan bank sentral tidak akan menyerahkan kontrol monopoli mereka dengan mudah, atau tanpa perlawanan.

Ya, Bitcoin dan cryptocurrency lainnya telah membuat sebuah percikan yang signifikan selama beberapa tahun ini. Tetapi kenyataannya adalah tingkat adopsinya masih sangat kecil, dan kapitalisasi pasar juga masih sangat kecil jika dibandingkan dengan pasar legacy.

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami