Name Price24H (%)
Bitcoin (BTC)
$58,938.00
-5.82%
Ethereum (ETH)
$4,019.78
-4.26%
XRP (XRP)
$1.02
-8.33%
EOS (EOS)
$4.26
-12.22%
Bitcoin Gold (BTG)
$61.19
-10.35%
Bank Indonesia Melarang Penggunaan Bitcoin

Berita, Berita Bitcoin, Berita Blockchain

Bank Indonesia Melarang Penggunaan Bitcoin

Dalam sebuah pernyataan publik, Bank Indonesia memperingatkan akan risiko menggunakan bitcoin dan menekankan bahwa Bitcoin adalah mata uang atau alat pembayaran yang tidak sah. BI menambahkan bahwa risiko yang timbul dengan memiliki mata uang digital harus ditanggung oleh pemiliknya.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia sudah mengatakan bahwa menggunakan sejumlah bitcoin akan melanggar undang-undang negara. Pernyataan terbarunya tersebut tidak terlalu melarang penggunaannya akan tapi berisi pernyataan keras terhadap cryptocurrency tersebut.

Sementara negara-negara lain yang sebelumnya memiliki sikap skeptis tentang bitcoin sekarang mulai menyambut akan teknologi Bitcoin tersebut, Indonesia masih mempertahankan pandangan garis keras pada teknologi kriptokurensi tersebut.

“Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Mata Uang dan UU No. 23 Tahun 1999 yang telah diubah beberapa kali, dan yang terakhir dengan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2009, Bank Indonesia menyatakan bahwa Bitcoin dan mata uang virtual lainnya bukanlah mata uang atau alat pembayaran yang sah di Indonesia. Masyarakat dianjurkan untuk berhati-hati terhadap Bitcoin dan mata uang virtual lainnya. Semua risiko yang terkait dengan kepemilikan / penggunaan Bitcoin harus ditanggung oleh pemilik / pengguna dari Bitcoin dan mata uang virtual lainnya. “

Pemilik usaha Bitcoin seperti Suasti Atmastuti Astaman, Business Development Manager dari Bitcoin Indonesia, menjelaskan bahwa ini tidak berarti bahwa menggunakan bitcoin adalah ilegal. “Dari pernyataan itu, kita dapat menyimpulkan bahwa media hukum pertukaran di Indonesia harus hanya Rupiah. US Dollar dan emas juga bukan media pembayaran yang sah, “katanya. “Jadi, dengan cara lain, bitcoin dapat diperlakukan sebagai komoditas (komoditas digital), sama seperti emas. Bitcoin diperbolehkan ada di Indonesia, dan orang-orang diperbolehkan untuk membeli, menjual dan memiliki bitcoin selama itu tidak digunakan sebagai media pembayaran. “

Meskipun demikian, usaha lain yang berkaitan dengan kriptokurensi akan terus muncul di Indonesia, dengan beberapa katering untuk mayoritas Muslim yang besar di Indonesia.

 

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami