NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Bank Di Thailand Ini Luncurkan Sebuah Aplikasi Seluler Pemba...

Berita Blockchain

Bank Di Thailand Ini Luncurkan Sebuah Aplikasi Seluler Pembayaran Lintas Batas Instan

Bank tertua di Thailand Siam Commercial Bank (SCB) jalin kemitraan dengan Ripple dan membuat aplikasi seluler yang didukung teknologi blockchain yang nantinya akan digunakan sebagai aplikasi pembayaran lintas batas instan dan berbiaya rendah tentunya.

Menurut postingan blog dari Ripple, aplikasi yang bernama SCB Easy sudah didemokan pada bulan Desember kemarin dalam acara tahunan Ripple, Swell. Demo tersebut menunjukkan kemampuan aplikasi dalam melakukan pengiriman pembayaran lintas batas hanya dalam hitungan detik saja.

Wakil presiden senior perbankan komersial SCB, Arthit Sriumporn, mengatakan:

Baca Artikel Terkait Lainnya: Lebih Dari 10.000 Peserta Akan Ramaikan Acara Inisiatif Blockchain Chain2020 Di Hong Kong

“Sangat sulit untuk mengirim dan menerima uang hari ini. Orang harus secara langsung pergi ke bank cabang, mengisi formulir yang panjang dan rumit serta harus menunggu sampai pembayaran diterima — tanpa transparansi. Dengan layanan kami ini, orang yang mereka cintai atau keluarga dari luar negeri dapat mentransfer uang dan menerima uang dengan cepat tanpa proses rumit dan panjang sekalipun.”

Kemudian, Sriumporn menunjukkan aplikasi serta demo penggunaannya, ia mengirimkan uang ke rekening bank penerima dalam waktu 40 detik saja.

SCB bekerja sama dengan Ripple untuk pembayaran melalui QR lintas batas EMVCo. Pembayaran dengan metode QR memang sudah populer di seluruh kawasan Asia, dengan meningkatkan kemampuan ini SCB dapat menawarkan pilihan kepada para pelanggan layanan pembayaran mikro sebagai metode selain pengiriman uang (remittance).

Menurut sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh PwC menunjukkan bahwa 86% masyarakat di China sudah menggunakan aplikasi pembayaran seluler, dengan 67% dari populasi tersebut berada di Thailand. Seiring meningkatnya sektor pariwisata dan ketenaga kerjaan di luar negeri di seluruh wilayah, ada kebutuhan akan cara-cara yang lebih cepat, lebih hemat biaya serta kemudahaan tanpa hambatan untuk mengirim dan menerima uang.

SCB berencana untuk memperluas layanannya ke Kamboja, Laos, Myanmar dan Vietnam.

Gambar sampul dari SCB

Baca Artikel Terkait Lainnya: Binance Kucurkan Dana Bantuan Untuk Kebakaran Di Australia

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami