NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Awas! Investasi Bodong Ini Bikin Bangkrut Aset Kripto Anda

Berita, Berita Penipuan Dan Peretasan

Awas! Investasi Bodong Ini Bikin Bangkrut Aset Kripto Anda

Muncul sebuah investasi bodong yang dapat mengancam aset para pemegang dan investor kripto. Untungnya ada pihak yang mengingatkan akan hal ini dan mencegah jatuhnya korban.

Produsen perangkat keras penambangan mata uang kriptoBitmain menuduh sebuah proyek cryptocurrency yang dengan sengaja menggunakan nama Bitmain untuk mempromosikan sebuah produk yang dijuluki Mangocoin (MNG) ini sebagai investasi bodong.

Menurut postingan blog pada 9 Agustus 2019, Bitmain menyatakan bahwa mereka menemukan adanya penyalahgunaan merek Bitmain dalam sebuah penjualan produk yang dijuluki “Bitmain Cloud Miner” serta dalam promosi Mangocoin. Para terduga penyalahgunaan merek/penipu ini menyamar sebagai Bitmain dan mempromosikan produk tersebut di sebuah situs website, aplikasi serta perangkat lunak/software mereka.

Bitmain memperingatkan publik bahwa Mangocoin, akun media sosial, situs website, aplikasi, dan grup khusus dalam aplikasi messengernya bukanlah saluran atau platform bisnis dari perusahaan Bitmain. Bitmain tidak berdiri di belakang MNG sebagai pengembangnya dan tidak ada sangkut pautnya sama sekali.

Tidak hanya itu Bitmain mengatakan bahwa pihaknya telah mengambil tindakan hukum untuk melindungi diri dan hak penggunanya:

“Kami ingin mengingatkan kepada para pelanggan kami dan untuk mengidentifikasi penyedia layanan dengan benar ketika membeli produk, untuk mendaftar atau membeli sesuatu secara online lebih bijaknya agar selalu melakukan pertimbangan yang cermat untuk menghindari serta waspada terhadap promosi yang menyesatkan, penggalangan dana ilegal, penipuan dan kegiatan jahat lainnya di internet.”

Di bulan Juli sederet kasus penipuan juga muncul, seperti penjahat cyber yang telah mengirimkan sebuah email penipuan dengan mengaku sebagai Otoritas Pengawasan Keuangan Inggris serta mempromosikan investasi aset kripto.

Gambar traffic light dari rac.co.uk

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami