NamePrice24H (%)
Bitcoin (BTC)
$3,446.12
-0.26%
Ethereum (ETH)
$106.88
-0.91%
XRP (XRP)
$0.310690
-2.04%
EOS (EOS)
$2.31
-0.19%
Bitcoin Gold (BTG)
$9.80
-5.08%
Akibat Menambang Kripto Pegawai Negeri Sipil Kereta Api Ukra...

Berita, Berita Bitcoin, Berita Penipuan Dan Peretasan, Berita Pertambangan/Mining

Akibat Menambang Kripto Pegawai Negeri Sipil Kereta Api Ukraina Ditangkap Polisi

Salah satu pegawai negeri sipil stasiun Kereta Api milik negara Ukraina (Cabang Ukrzaliznytsya) secara ilegal melakukan penambangan crypto dengan menggunakan listrik perusahaan/negara tersebut untuk mendapatkan Bitcoin.

Berdasarkan pengumuman resmi pada 15 November 2019 kemarin, Ukrzaliznytsya – sebuah perusahaan transportasi kereta api milik negara di Ukraina, mengatakan bahwa unit Lviv Railway-nya menggunakan listrik perusahaan untuk menghidupkan kurang lebih 100 perangkat penambangan crypto untuk menambang Bitcoin (BTC).

Kebun (farm) penambangan itu beroperasi dengan jaringan listrik perusahaan kereta api dan ditemukan oleh departemen keamanan Ukrzaliznytsia dan jaksa setempat. Seperti yang dilansir oleh direktur Departemen Ekonomi dan Keamanan Informasi di Ukrzaliznytsia – Oleg Nazaruk, kebun tersebut dikelola oleh pejabat dari unit Kereta Api Lviv.

“Selama inspeksi tempat di mana kebun yang disebut itu berlokasi, ditemukan lebih dari 100 buah peralatan komputer yang diidentifikasi menghasilkan bitcoin. Peralatan tersebut terhubung ke jaringan listrik Ukrzaliznytsia. Perkiraan jumlah kerugian sejak awal tahun sudah mencapai 1 juta UAH [581 Juta Rupiah],” kata Nazaruk.

Ukrzaliznytsia menyatakan, karena penerbitan serta sirkulasi crypto di wilayah Ukraina masih dilarang, proses pidana kasus tersebut telah dimulai. Informasi terkait pelanggaran ini telah dilaporkan dan dikirim ke Departemen Kepolisian Ternopil dari Direktorat Utama Kepolisian Nasional di Oblast Ternopil.

Tahun lalu, beberapa ilmuwan yang bekerja di fasilitas penelitian senjata nuklir Rusia juga ditangkap karena melakukan penambangan cryptocurrency di tempat kerjanya dan diduga mencuri daya listrik milik perusahaan tersebut. Badan penegakan hukum setempat juga menemukan peralatan pertambangan di pembangkit listrik tenaga nuklir Agustus ini. Kasus lain yang serupa di negara lain, pegawai negeri di negara Florida, seorang guru di negara Cina dan kontraktor pemerintah di negara Australia semuanya juga terjerat kasus yang sama yaitu mencuri daya listrik untuk menghidupkan kebun penambangan cryptocurrency. (Coindesk, cointelegraph)

Fajar Himawan

Komentar

comments

coinmag

Trader, Analis Bitcoin dan Altcoin, Chemical Engineer

Bitnami