Harga Bitcoin terjun lagi meskipun ada reli harga tercipta hari ini. BTC turun sebesar 3% dari harga tertinggi pasca reli, lalu jatuh dibawah $ 18.000.

Harga BTC saat ini berkisar $ 17.705, diikuti oleh Ethereum dan beberapa altcoin lainnya yang juga turun dengan cepat.

Menurut ByBt, tingkat pendanaan di pasar berjangka Bitcoin terkemuka saat ini berada di sekitar garis dasar 0,01% per delapan jam. Di OKEx saja telah turun mejadi negatif, yang berarti bahwa posisi short membayar posisi long secara teratur.

Ini mungkin merupakan tanda bahwa pasar telah pulih. Penyetelan ulang tingkat pendanaan ini bisa menjadi tanda bahwa Bitcoin siap untuk bergerak kembali meroket.

BTC berubah bearish meski tren adopsinya positif

Penurunan ini terjadi meskipun ada permintaan institusional untuk Bitcoin. Matt Kaye, mitra pengelola di Blockhead Capital, baru-baru ini bertanya kepada para pengikutnya mengapa Bitcoin tidak menguat karena MicroStrategy bersiap untuk membeli BTC senilai $ 550 juta:

The one thing I can not wrap my head around is the lack of front running on Saylor’s $550MM raise.You’d expect rational market participant to want long before that fiat is allocated.The deal is set to close as soon as tomorrow.

What am I missing?https://t.co/pDlKwRmBgh

— Matt 🧐 (@Matt__Kaye) December 11, 2020

Kerugian untuk Pemegang Bitcoin?

Beberapa orang berpikir bahwa Bitcoin sudah siap untuk bergerak turun terlepas dari arus masuknya dana institusional yang sedang terjadi. Seorang analis aset kripto berkomentar bahwa fakta BTC mencetak candle “SFP” yang kuat pada level tertinggi $ 19.950 dapat menunjukkan bahwa ada kerugian lebih lanjut kedepannya:

“Saya bersikap bearish pada #Bitcoin yang sudah mendekati harga tertinggi murni berdasarkan TA. Secara harfiah HTF SFP di Eth dan Btc sudah berada di atas. TA saya mengatakan ini bisa kembali jauh lebih rendah, sekitar $ 11k-13k. Dengan pemain besar ini membeli di level ini, mungkin kali ini berbeda? Apa yang kalian pikirkan?”

I’ve been bearish on #Bitcoin near the highs based purely on TA. Literally HTF SFPs on Eth and Btc at the top. My TA says this can come back way lower, $11k-13k. With these large players buying in at these levels maybe this time it’a different?

What do you all think?

— Mayne of Tether (@Tradermayne) December 11, 2020

Alasan lain yang investor khawatirkan adalah tren on-chain. Willy Woo, seorang analis on-chain terkenal pun baru-baru ini berkomentar bahwa menurutnya ada kemungkinan besar akan terjadi konsolidasi atau kerugian lebih lanjut dalam beberapa minggu mendatang:

“Struktur on-chain Bitcoin mengatakan ke bulls” kamu tidak akan berhasil “, jika tanpa reset. Reset berarti berminggu-minggu sideways atau penurunan harga/bearish. Akankah kita menuju dip kali ini? Masih belum ada dorongan pergerakan koin yang saat ini menunjukkan sentimen sangat bearish. Kita tunggu permainannya.”

Namun masih banyak yang yakin bahwa BTC akan mempertahankan kenaikan makronya, karena dolar AS terus turun dan karena investor semakin menyukai BTC.

Dec 11, 2020Redaksi Bitcoin News Indonesia

comments