Golden cross pada grafik harian merupakan salah satu indikator kuat untuk menandai bahwa pasar bullish Bitcoin telah dimulai

Moving average 50 hari BTC telah melewati atau crossing di atas moving average 200 hari BTC, biasanya hal ini disebut sebagai golden cross.

Golden cross merupakan salah satu indikator kuat yang mengartikan bahwa pasar bullish/kenaikan harga besar-besaran BTC telah tiba atau siap dimulai.

Terakhir kali indikator teknis ini terjadi pada bulan April tahun 2019 silam, setelah golden cross terbentuk Bitcoin menguat dari 5.400 USD ke 13.800 USD.

Kemudian, golden cross pada grafik harian BTC juga pernah terjadi sebelumnya pada Oktober 2015, yang membawa BTC reli (naik harga) hingga 20.000 USD (harga tertinggi sepanjang masanya).

Baca Artikel Terkait Lainnya: Akibat Virus Korona Tiongkok Harus Mengkarantina Uang Kertas

1/3 #bitcoin golden cross / death cross analysisSince 2014 there were 10 golden/death crosses (50MA crossing 200MA)

In 3 of 5 death crosses cases #btc price didnt dump after the event.

In 2 of 4 golden crosses cases #btc price didnt pump after the event. pic.twitter.com/CoRuzarm8u— Shitcoin Riddler (@shitcoinriddler) February 18, 2020

Ada beberapa contoh kasus di mana golden cross telah terjadi namun malah tak kunjung diikuti oleh reli (kenaikan harga) yang biasa di sebut dengan fake golden cross, terjadi pada Juli 2014 dan Juli 2015.

Penting untuk dicatat, kenaikan harga (reli) sampai mencapai titik puncak harga dapat terjadi selama bertahun-tahun setelah sinyal ini terbentuk. Sebagai contoh, golden cross grafik harian Bitcoin terjadi pada Oktober 2015, namun kenaikan harga BTC baru mencapai puncaknya pada Desember 2017.

Selain sinyal golden cross, halving Bitcoin yang akan terjadi pada bulan Mei nanti diharapkan bisa menciptakan kondisi yang menguntungkan untuk memicu reli harga BTC. Golden cross kali ini dihadapkan dengan fundamental yang kuat, kita harap dengan adanya faktor ini BTC mampu memberikan reli harga terbaiknya.

Baca Artikel Terkait Lainnya: Menurut Stock-to-Flow Harga Bitcoin Bisa Capai 100.000 USD Sebelum Akhir Tahun 2021

Images via Shutterstock

Feb 19, 2020Fajar Himawan

comments