Sehari lebih awal dari perkiraan banyak orang, keputusan SEC tentang Bitcoin exchange traded telah mengalami penundaan. SEC memutuskan untuk mengambil delay terkait hal ini pada proposal ETF VanEck.

Berita ini sangat diharapkan banyak orang, harga Bitcoin meresponnya naik sebesar lima persen segera setelah pengumuman tersebut muncul. Membawa Bitcoin kembali ke atas level $ 8.000.

Pengumuman ETF VanEck Tertunda, Namun Tidak Ada yang Peduli

Keputusan SEC mengenai persetujuan exchange traded fund yang sangat dinantikan yang diusulkan oleh VanEck dan SolidX telah mengalami penundaan keputusan. Penundaan keputusan tersebut sebelumnya selama pasar bear kemarin sering disertai dengan jatuhnya harga. Namun, kali ini reaksi harga tidak bereaksi demikian.

Berita penundaan tersebut diikuti dengan reaksi kenaikan harga dari $ 7.800 menjadi lebih dari $ 8.000 hanya dalam beberapa jam saja. Analis pasar Crypto Mati Greenspan menyoroti lonjakan harga tersebut melalui Twitter:

Bitcoin is up nearly 5% since the SEC delayed the VanECK ETF two hours ago.

— Mati Greenspan (@MatiGreenspan) May 20, 2019

Sebagian besar ruang crypto mengharapkan penundaan seperti itu, banyak yang menolak keputusan itu sebagai sebuah peristiwa. Dengan banyak sentimen di sekitar pasar yang tetap bullish setelah kenaikan harga awal 2019 ini, beberapa bahkan telah menyatakan bahwa penundaan tersebut dapat berfungsi sebagai peluang pembelian bagi investor:

ETF delayed (As expected)Don’t think it’ll impact the price a whole lot.That said I’m generally hoping & positioned for lower since yesterday.This would be a nice excuse to fill bids lower.

Generally a buying opportunity, not a reason to panic. https://t.co/mn8hqtm9g4

— DonAlt (@CryptoDonAlt) May 20, 2019

Penundaan keputusan terbaru dari SEC juga mencakup beberapa permintaan komentar publik tentang apakah badan pengawas itu harus menyetujui Bitcoin ETF atau tidak.

Bagi banyak orang, persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC seperti halnya sebuah regulator keuangan yang memberikan berkah tertinggi bagi kelas aset. Mereka melihatnya sebagai katalis untuk harga yang jauh lebih tinggi – ibarat kata lampu hijau SEC akan melegitimasi crypto di mata banyak orang.

Seorang pengguna Twitter memposting sebuah grafik yang menunjukkan apa yang terjadi ketika ETF emas pertama kali diputuskan dan diterima. Tindakan harga parabola yang naik keatas pada harga emas terjadi.

Deadline for the SEC to decide about the VanEck/SolidX Bitcoin ETF expires on Tuesday May 21My thoughts– Delay: No major effect– Rejection: Opportunity to buy dip

– Approval: Image below illustrates what happened after GOLD ETF approval. In other words: instant Market Buy pic.twitter.com/lbIvg3w0SV

— Mounia Rabhi, MSc. 🇳🇱 🇲🇦 (@Mounia_NL) May 20, 2019

Poster itu juga menyatakan bahwa keseluruhan pasokan Bitcoin yang sangat terbatas jika dibandingkan dengan emas akan mengarah pada kenaikan yang lebih keras lagi daripada yang di cerminkan pada pasar logam mulia emas setelah exchange traded fund-nya ditetapkan dan diterima.

May 22, 2019Fajar Himawan

comments