Perusahaan solusi Blockchain PlatOn telah menciptakan sebuah platform untuk menyimpan data dan menghitung harga mobil bekas di Beijing Mercedes-Benz Sales Service (BMBS).

Dilansir dari media besar Cointelegraph, Platform Residual Value Management Vehicle berbasis-blockchain PlatOn dapat menyimpan data statis dan dinamis, yang akan digunakan untuk secara otomatis menghitung nilai residu kendaraan yang terdaftar dari waktu ke waktu.

Selain itu, Platform Manajemen Residual Value Kendaraan dilaporkan akan terbuka untuk pasar mobil bekas, termasuk BMBS. Pihak lain termasuk dealer mobil 4s – dealer mobil resmi di Cina – serta perusahaan inspeksi kendaraan dan pemilik mobil bekas.

Plato CSO Ada Xiao menyoroti ukuran sektor mobil bekas di China, dengan alasan bahwa industri ini membutuhkan layanan pengumpulan dan pemantauan data yang lebih baik. Dia berkomentar:

“Dengan lebih dari 6,5 juta mobil bekas di China yang diperdagangkan pada paruh pertama tahun ini saja, kami berharap kolaborasi kami dengan BMBS akan menyoroti kebutuhan akan sistem pengumpulan data yang lebih canggih untuk secara akurat memantau nilai kendaraan yang terdiri dari pasar mobil bekas China yang besar”

Perusahaan induk Mercedes-Benz beralih dan menggunakan blockchain

Perusahaan induk Mercedes-Benz Daimler mengadakan sebuah kerjasama dengan startup solusi interface blockchain Riddle & Code pada bulan Juli. Riddle & Code membuat dompet mobil berbasis perangkat keras atau hardware, sesuai perjanjian. Dompet mobil itu dilaporkan memiliki banyak kasus penggunaan, termasuk mobil-sharing, kendaraan otonom, dan komunikasi real-time dari data lalu lintas yang aman dengan lingkungan kota yang cerdas.

Dompet dilaporkan memiliki fitur identitas yang berbasis blockchain pada mobil, yang dapat membuatnya lebih aman. CEO Riddle & Code Tom Fürstner menjelaskan

“Mobil otonom harus berperilaku konsisten untuk dipercaya. Mobil sudah menjadi perangkat komputasi. Identitas aman memastikan bahwa otoritas yang tepat telah menyetujui kode yang dieksekusi di dalam kendaraan dan kepercayaan data yang dipertukarkan. RIDDLE & CODE mengamankan ini dengan perangkat kriptografiknya dan menggunakan ledger untuk mengubah mobil menjadi pasar/marketplace masa depan.”

Aug 31, 2019Fajar Himawan

comments