Terlepas dari kenyataan bahwa harga darkcoin meningkat tadi dari yang rendah sekitar 0.01100 BTC ke tinggi sekitar 0.01155 BTC, daya beli pasar gagal untuk terus mendorong harga ke arah atas dan jatuh ke titik terendah sekitar 0.01055 BTC.

Dengan mempelajari grafik 1 jam Cryptsy (DRK/BTC) dari tradingview.com, plot FIBONACCI retracement sesuai analisis sebelumnya dan memplot 10 jam EMA (kurva hijau) & 20 jam EMA (kurva oranye), kita dapat memperhatikan hal berikut:

  • Setelah mencapai puncak tinggi 0,01155 BTC tadi, harga DRK mulai jatuh sampai mencatat rendah 0,01057 dari hari sebelumnya. Karakteristik “hammer” dan “gravestone” candlesticks (lihat sepasang candlesticks dilingkari oleh blue cloud pada grafik di bawah ini) melanjutkan pembalikan tren naik dan seharusnya sinyal sebagai penutup posisi long. Harga Darkcoin turun di bawah 10 jam EMA dan 20 jam EMA, sebelum downtrend menarik harga turun.
  • Harga DRK turun di bawah tingkat Fibonacci retracement 50% di 0,010844 BTC sebelumnya, namun tak lama setelah melanggar tingkat ini, harga berusaha untuk pergi ke atas untuk naik di atas level support ini. “Doji” candlestick dilingkari oleh black cloud pada grafik di bawah ini melanjutkan pembalikan tren turun, yang merupakan sinyal bearish melemahnya kekuatan pasar.
  • Pada saat penulisan artikel ini, harga Darkcoin diperdagangkan di bawah 10 jam EMA dan 20 jam EMA. Juga, harga telah menyentuh level support 0.010844. Dengan demikian, ada kemungkinan bahwa harga DRK akan terus jatuh hari ini, yang juga dapat ditunjukkan dengan “gravestone” candlestick (lihat candlestick dilingkari oleh cloud red pada tabel di bawah).

Apakah gelombang bearish ini dapat menyentuh sampai harga turun ke level 0,0101 BTC atau tidak, belum ditentukan selama beberapa jam mendatang. Namun, tampaknya bahwa harga akan bergerak sideways ke tingkat 0.010844 selama beberapa jam.

Grafik dari Cryptsy

Feb 18, 2015Fajar Himawan

comments