Kepolisian Chicago di pinggiran kota baru-baru ini membayar Bitcoin sebagai tebusan senilai $ 500 untuk mengambil data malware-hit mereka dari hacker tak dikenal.

Di suatu tempat di Januari, polisi Midlothian dilaporkan telah diserang oleh cryptoware – sebuah trojan yang mengenkripsi data komputer target dan berupaya menjadi uang tebusan untuk mengambil dari penjahat online. Kabarnya, para hacker dalam hal ini telah dienkripsi file rahasia tertentu pada komputer polisi, meskipun ia tidak pernah mengaksesnya.

Menurut Calvin Sulit Jr, seorang ahli IT lokal di Midlothian, seseorang dari departemen kepolisian sengaja membuka email yang terkena cryptoware. Karena tindakan tidak menyadari ini, malware yang diam-diam sempat dijalankan pada komputer dan menguncinya akhirnya. Ketika polisi mencoba untuk mengakses komputer yang terinfeksi, pemberitahuan meminta mereka untuk membayar uang tebusan di BITCOIN privat key.

Harden juga mengungkapkan bahwa kepolisian mencoba setiap bagian cara untuk mengambil file tanpa membayar hacker. Namun pada akhirnya, itu bisa saja lebih mahal daripada uang tebusan itu sendiri. “Karena backup juga terinfeksi, pilihan adalah untuk membayar hacker dan mendapatkan file didekripsi yang apa kami putuskan untuk mendapatkannya,” jelasnya.

Untuk itu, Departemen Kepolisian Midlothian mengirimkan Bitcoin sekitar $ 600 ke sebuah kafe di New York bersama alamat Bitcoin dari hacker. Kafe hanyalah pengalihan uang tebusan ke wallet hacker.

Bitcoin Dipertanyakan lagi karena Memfasilitasi Kejahatan

Seperti kebanyakan orang, Harden percaya bahwa penjahat hanya ingin dibayar di Bitcoin karena cryptocurrency tersebut “hampir tidak bisa dilacak” bagi pemerintah. Pernyataan serupa telah dilemparkan oleh banyak politicians dan bankir di masa lalu, yang tidak lain adalah kesalahpahaman dalam pendapat kami.

Bitcoin ini agak pseudo-anonim, berkat cara algoritma terstruktur. Jaringan mencatat setiap transaksi pada blockchain publik tersedia. Dan bahkan ketika nama seseorang tidak terkait dengan alamat Bitcoin, informasi dapat disimpulkan dengan menggunakan model tracing tertentu. Bayangkan bagaimana Silk Road Bitcoins ditangkap oleh FBI.

Source : http://newsbtc.com/2015/02/23/midlothian-police-starts-using-bitcoin-way/

Feb 23, 2015Fajar Himawan

comments