Sebuah laporan baru dari Juniper Research memperkirakan bahwa jumlah transaksi bitcoin dan altcoin akan lebih dari dua kali lipat pada 2017-56 juta, naik dari 24,7 juta pada 2014 dan 18 juta pada tahun 2013.

Temuan ini merupakan bagian dari sebuah laporan baru dari perusahaan intelijen pasar yang menganalisis volume dan nilai transaksi di pasar cryptocurrency dan memprediksi nilai dari semua transaksi bitcoin dan altcoin akan turun 58% pada tahun 2015, menjadi lebih dari $ 30 milyar.

Namun, Dr Windsor Holden, kepala konsultasi dan peramalan di Juniper, menyarankan bahwa mereka yang membaca laporan harus meneliti kesimpulan yang lebih positif, karena ia percaya bitcoin tidak mungkin untuk mendapatkan transaksi yang signifikan sebagai alat pembayaran.

Secara khusus, Holden menyuarakan keyakinannya bahwa volume transaksi tidak meningkat dengan kecepatan yang akan menjadi setara dengan teknologi mencapai adopsi massa.

Holden mengatakan CoinDesk:

“Saya pikir tantangan yang begitu besar, bahwa bitcoin akan kesulitan sebagai suatu mekanisme pembayaran yang sebenarnya. Ini akan menjadi sulit untuk mulai merambah ke audiens yang cukup pokok yang sangat techy dan libertarian, dan orang-orang yang ikut serta dalam aktivitas kejahatan.”

Namun, Holden melihat potensi cryptocurrency untuk membantu meningkatkan ekosistem pembayaran. Sebagai contoh, ia mengutip sistem pembayaran desentralisasi yang dikembangkan oleh Ripple Labs, yang menggunakan mata uang asli untuk settlement, sebagai salah satu yang bisa menjadi bagian untuk infrastruktur keuangan.

Hasil temuan merupakan bagian tentang apa yang Holden kata mungkin akan menjadi laporan tahunan pada industri mata uang digital dari tim Juniper.

Selama laporan tersebut, Juniper menggunakan data yang tersedia secara umum untuk menentukan volume dan nilai bitcoin, Litecoin, Dogecoin dan auroracoin setiap month-over-month sepanjang 2014.

Volume naik, sementara nilai jatuh

Holden menunjukkan bahwa sementara total nilai transaksi bitcoin dan altcoin kemungkinan akan terus turun, ini merupakan indikasi penurunan baru-baru ini di harga bitcoin.

Sementara volume kemungkinan akan naik, Holden menyarankan, kenaikan ini tidak akan cukup untuk mengimbangi penurunan total nilai, yang mengakibatkan 58% proyeksi penurunan.

Dia memproyeksikan “peningkatan yang wajar” dalam volume transaksi pada tahun 2015, namun mencatat bahwa banyak dari kegiatan ini berlangsung di bursa, dan karena itu tidak berhubungan dengan pengeluaran.

Lebih lanjut, ia mengingatkan pembaca untuk tidak “percaya hype” di sekitar industri, menyatakan bahwa ia percaya total basis pengguna untuk bitcoin lebih kecil dari yang diiklankan.

“Ketika Anda melihat jumlah sebenarnya dompet dan orang-orang yang secara teratur melakukan transaksi, bukan sekadar menyimpan setengah bitcoin, Anda sedang berbicara tentang beberapa juta maksimal,” tambahnya.

Dia juga berusaha untuk menghilangkan prasangka pemikiran bahwa adopsi merchant akan menyebabkan peningkatan penggunaan konsumen, ia pun menambahkan: “Itu tidak selalu berarti bahwa semakin banyak retailer yang menyebarkan, semakin banyak orang akan menggunakannya.”

Proses Edukasi

Dalam penjelasannya, Holden membandingkan bitcoin dengan metode pembayaran yang relatif baru lainnya, near-field communication (NFC) dalam menghadapi perubahan perilaku konsumen.

“Saya sudah mengatakan bahwa masalah yang dihadapi NFC tidak lain dibandingkan dengan kesulitan yang dihadapi bitcoin dari persepsi kepercayaan dan pelanggan,” katanya.

Untuk saat ini, ia menyebutkan laporan lanjutan dari scam di industri bitcoin, menyebutkan MyCoin Hong Kong, yang baru-baru ini mengungkapkan telah berpotensi melarikan diri dengan kurang lebih $ 8.12m dari dana nasabah.

Makalah penuh, berjudul The Future of Cryptocurrency: Bitcoin & Altcoin Impact & Opportunities 2015-2019, sekarang tersedia di website perusahaan.

Images via Juniper; Shutterstock

Source : http://www.coindesk.com/juniper-research-bitcoin-transactions-double-2017/

Feb 14, 2015Fajar Himawan

comments