Harga Bitcoin ini jatuh selama akhir pekan tahun baru, menurun $ 51 selama dua hari. Menurut CoinDesk Bitcoin Price Index, mata uang tersebut dibuka pada hari Sabtu pada $ 314,59 dan ditutup pada hari berikutnya pada $ 263,63.

Dengan anjloknya harga, para pengamat pasar banyak yang berkomentar karena hari Minggu hampir berakhir. Tidak mengherankan, kontingen pengamat bitcoin menaruh spin positif pada harga yang jatuh, melihat hal itu sebagai kesempatan membeli, dengan catatan alarm.

Bahkan di antara bitcoin bulls, panggilan Tim Draper untuk Russian rubel holder untuk berpindah dari mata uang negara mereka lalu mendevaluasikannya dengan cepat itu sangat tidak tepat waktu:

Flash crash yang lain?

Jadi, apa yang memicu kecelakaan itu? Satu teori adalah bahwa savvy short-sellers waktunya bagi mereka bergerak untuk trading di musim liburan yang tipis, betting yang dimulai pada Cascading margin-call karena mereka menyenggol harga yang turun.

Saat harga bergerak terhadap traders dengan everaged long positions – mungkin perbankan meningkatkan harga bitcoin, trading pada 2014 yang terendah pada bulan Desember – meningkatnya jumlah leveraged positions yang ditutup, dengan koin yang dilikuidasi dengan harga yang berlaku.

Dengan kata lain, itu adalah ‘flash crash’ yang dipicu oleh margin calls dari jenis pasar yang terlihat pada bulan Augustus. Saat itu, serangkaian menurunnya big intra-day melaju pada harga dari tingkat $ 600 sampai di bawah $ 500.

Itulah teori yang dijelaskan oleh Alistair Milne, portfolio manager di Altana Digital Currency Fund yang berbasis di Monaco. Milne mengatakan ia melihat sell orders untuk ratusan koin tanpa limit price ditampilkan pada order book Bitfinex selama akhir pekan, dimana ia mengambil hal tersebut sebagai tanda bahwa posisi leverage sedang otomatis ditutup oleh bursa.

Sebuah penurunan tajam dalam leveraged long positions jelas memberikan dukungan bagi teori Milne. US dollar swaps pada Bitfinex turun sebesar $ 2.48m atau 12% selama akhir pekan, sebagai harga yang anjlok. Traders di swap menggunakan platform dollar jika mereka ingin bertrading pada marjin bahwa harga bitcoin akan meningkat.

Namun, closed leveraged long positions dari $ 2.48m pada Bitfinex sangat kecil bila dibandingkan dengan total $ 82.7m-nilai dari trades di pasar BTC / USD di seluruh exchanges yang dicatat oleh Bitcoinity.

Open short swaps juga meningkat tajam terhadap long swaps. Selama 24 jam terakhir, porsi short swaps telah meningkat 25 poin, dari 63% menjadi 88%. Dengan kata lain Bitfinex traders terus menambah bet bahwa harga bitcoin akan jatuh.

Uang tidak pernah tidur, kecuali saat Natal

Liburan Natal dan Tahun Baru bisa memainkan peran penting dalam hal ini short-sellers haven. Pertukaran tipis yang diperdagangkan selama masa liburan, dengan jatuhnya 24% pada minggu terakhir dari Desember dibandingkan dengan kondisi minggu sebelumnya, misalnya.

Lalu ada praktis perbankan modern. Bank ditutup selama liburan, trader bisa terjebak tanpa dry powder pada rekening perdagangan cryptocurrency mereka, tidak mampu top up fiat funds ketika mereka perlu. Ini Semuanya menambah hingga kondisi optimum untuk short-sellers yang ingin memicu panggilan marjin.

Milne mengatakan:

“Jika Anda boil it all down, harga bitcoin terpasang kuat di tangan para spekulan. Hal itu bagi saya seperti trader berpengalaman dengan sumber daya yang mengeksploitasi dan peminat mana siapa yang belum berpengalaman yang tidak boleh menggunakan leverage.”

Beberapa trader berpikir harga mempunyai kemungkinan lebih lanjut untuk jatuh. Arthur Hayes dari BitMEX mengatakan pernyataan lainnya tentang kegagalan bitcoin sebagai asset class – dari jenis yang ditemukan pada Bitcoin Obituaries, misalnya – perlu menggebrak pasar sebelum bottom dapat ditemukan.

“Belum cukup kapitulasi. Membutuhkan lebih, beberapa media mengatakan,’ saya bilang begitu’ tentang bitcoin menjadi investasi yang buruk,” katanya.

Gavin Smith derivatives provider First Global Credit advises menyarankan hal serupa menunggu dan melihat akhir dari kejadian tersebut, mencatat bahwa harga bisa jatuh lebih jauh sebelum menghantam bottom.

Silver lining untuk Bitcoin bulls sekarang mungkin ada kesempatan untuk memasuki pasar di posisi terendah yang belum terlihat sejak November 2013, sebelum cryptocurrency yang bersejarah bull-run.

Milne, menambahkan, dia mendengar dari seorang investor yang mencari load up pada coins di harga ini untuk jangka panjang.

Source : http://www.coindesk.com/markets-weekly-bitcoins-new-year-starts-crash/

Jan 7, 2015Fajar Himawan

comments