Sebelumnya saya ucapkan “Selamat Tahun Baru Untuk Kalian Semua Bitcoiner Indonesia”

Apa yang bisa diharapkan dari seseorang pemegang Bitcoin di momen Tahun Baru ini? Setelah mengalami peregangan di mana harga Bitcoin sudah mulai stabil, dan MEROKET! Bitcoin mulai tenar ditahun ini hampir 54 persen kenaikan telah terjadi pada tahun 2016, mengalahkan kinerja semua mata uang fiat, yang sebagian besar melemah di tahun 2016.

Baca juga: Uni Eropa Akan Memberikan Peraturan Yang Ketat Terkait Bitcoin

Jadi apa sih yang akan terjadi di balik gelombang kenaikan yang baru-baru ini terjadi? Dikutip dari media online Cointelegraph yang mengadakan jajak pendapat dan prediksi di tahun 2017 kepada para analis dan pemimpin besar di Industri Cryptocurrency.

Munculnya Masalah Ekonomi Dunia – Bitcoin Semakin Jaya

Kinerja yang luar biasa telah ditunjukkan oleh Bitcoin di tahun ini yang didorong oleh berbagai faktor seperti “halvening”, ekonomi dunia yang begitu meresahkan diwakili oleh kekacauan mata uang fiat di India dan Venezuela, serta ekonomi China yang semakin melambat dan mengalami depresiasi yuan.

Menurut Gavin Smith, CEO dari First Global Credit, 2016 memang menjadi tahun pasar modal Bitcoin untuk benar-benar memulai pembangunan diri dan memberikan laba.

Menurut Smith, perbaikan ini dalam sebuah ekosistem bertepatan dengan hilangnya kepercayaan pada mata uang dari berbagai negara-negara berkembang yang lebih kecil – sangat jelas ketika seseorang yang memindahkan beberapa aset mereka ke dalam Bitcoin untuk melindungi diri dari devaluasi yang terjadi. Akibatnya, kombinasi pasokan ini berkurang dengan meningkatnya permintaan yang telah memfasilitasi pertumbuhan Bitcoin pada tahun ini. Smith percaya bahwa kecenderungan ini akan terus berlanjut di sepanjang tahun 2017 dan seterusnya.

Sebuah kesempatan bagi Bitcoin untuk masuk dan menciptakan kepercayaan

Pada sisi lain, meningkatnya ketidakstabilan politik pada suatu negara juga bisa berdampak pada dorongan dalam menopang kejayaan Bitcoin.

Erik Vollstädt dari Bitnation mengatakan:

“Kami melihat lebih banyak kasus krisis politik di dunia. Lihat saja, seperti Brexit, pemilihan Trump sebagai presiden, krisis pengungsi di Eropa dan ketakutan terkait Islamisme serta terorisme. Setiap kegagalan pemerintah merupakan kesempatan penting bagi Bitcoin untuk masuk dan membuat kepercayaan.”

Apa Bitcoin Merupakan tempat yang aman?

Bitcoin sering dianggap sebagai aset yang aman. Ketika Dow Jones, Nasdaq dan indeks utama Eropa jatuh, Bitcoin akan menjadi diversifier yang menarik, karena tidak berkorelasi dengan pasar saham dan tidak terikat dengan keputusan kebijakan negara tunggal. Hal itu memang menjadi keuntungan besar di masa ketidakpastian politik dan ekonomi.

Berbicara mengenai penyimpan nilai, Bitcoin masih berkembang menjadi salah satu aset yang lebih aman daripada Bitcoin 12 bulan yang lalu, tapi ingat, pasar modal Bitcoin masih dalam tahap awal pengembangan dan, oleh karena itu volatilitas harga akan tetap terjadi.

Apa 2017 akan membawa keberuntungan bagi Bitcoin?

Seperti kita sudah berada di zona tahun baru, dan mungkin wajar saja jika kita mulai memikirkan apa yang akan terjadi di tahun 2017 ini. Tepat satu tahun yang lalu, Daniel Masters, co-founder dari multi-juta dolar Bitcoin hedge fund yang berbasis Jersey Global Advisor, memperkirakan bahwa harga Bitcoin akan naik di atas $ 1.100 pada tahun 2016 dan kemudian menambah kecepatan untuk naik ke $ 4.400 di akhir 2017. Hemh, tampaknya untuk mencapai angka-angka tersebut tidaklah mustahil ya…

Mengingat di mana kita sekarang dan apa yang kita miliki? Para ahli percaya bahwa pertumbuhan Bitcoin akan tergantung pada faktor-faktor yang sejauh ini mendukung kesuksesan.

Pada tahun 2016 saja kita telah melihat banyaknya peningkatan jumlah penerimaan dari layanan jasa pembayaran Bitcoin oleh perusahaan-perusahaan besar dan pemerintah serta serentetan produk Bitcoin yang baru.

Pada saat penulisan artikel ini, harga Bitcoin telah mengalami kenaikan walaupun hanya sedikit.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Apa yang Akan Terjadi di 2017 Nanti?

Dec 31, 2016Fajar Himawan

comments