Ledger Nano S adalah dompet hardware generasi terbaru dari Ledger. Dompet ini memiliki banyak fitur yang hebat, dan menawarkan kemampuan untuk mendapatkan konfigurasi penuh secara langsung pada perangkat untuk tingkat keamanan yang maksimum.

Baca juga: PENGUMUMAN MENGENAI DECENT SOFTWARE SALE

Satu Layar Dan Dua Tombol

Nano S dapat dinyalakan menggunakan kabel USB mikro, terhubung pada charger atau port komputer. Ada tutorial singkat di mana Anda dapat mempelajari cara penggunaannya:

  • Tombol kiri atau kanan digunakan untuk memilih pilihan atau untuk menggerakkan daftar item
  • menekan kedua tombol akan mengkonfirmasi pilihan, menuju ke langkah/menu berikutnya atau memilih item dalam daftar

Membuat atau Memulihkan Seed

Keputusan pertama dalam inisialisasi Nano S Anda adalah membuat seed yang baru (dan membuat backup-nya), atau mengembalikan seed yang ada.

menu inisialisasi (mengkonfigurasi perangkat baru/ engembalikan konfigurasi)

Mengelola PIN Anda Secara Langsung Pada Perangkat

Pada inisialisasi, Anda harus berurusan dengan kode PIN keamanan. Untuk memasukkan PIN Anda, Anda perlu menggunakan tombol kiri/kanan untuk menurunkan/meningkatkan digit, dan tekan kedua tombol untuk memilih angka berikutnya (atau untuk memvalidasi PIN 4-digit). Jika Anda gagal untuk memasukkan PIN dengan benar sebanyak tiga kali berturut-turut, Nano S Anda akan dihapus kembali ke pengaturan pabrik (berguna untuk mengubah seed).

pengelolaan kode PIN secara langsung pada perangkat

Membuat Seed Baru

Jika Anda memilih untuk membuat seed yang baru, itu akan dihasilkan pada perangkat dengan acak cryptographically secara aman yang memegang lebih dari 512 bit entropi. Anda kemudian akan menggeser melalui 24 kata-kata dan memiliki kesempatan untuk menuliskannya pada lembar pemulihan Anda. Sebelum seed melintas pada perangkat, Anda harus menunjukkan bahwa Anda memang benar menuliskan backup Anda dengan memasukkan dua kata yang dipilih secara acak.

Menciptakan seed baru pada perangkat

Mengembalikan Seed Yang Ada Di Perangkat

Pada kasus ini Anda sedang menggunakan atau seorang pemilik Ledger (atau Trezor/Keepkey), Anda dapat memulihkan seed yang ada secara langsung pada perangkat. Perhatikan bahwa Nano S dapat mengembalikan 12/18/24 kata seed (tapi hanya 24 kata seed yang dapat dihasilkan). Setiap kata-kata yang dimasukkan menggunakan modus prediktif pintar, membatasi jumlah dalam menekan tombol. Proses ini tentu saja sedikit rumit, tapi membawa keuntungan keamanan yang sangat besar dengan selalu menjaga seed agar offline (kata-kata tidak akan melalui komputer).

Memulihkan seed pada perangkat

Aplikasi Dashboard

Setelah inisialisasi dengan seed, Anda dapat mengakses aplikasi dashboard di mana Anda dapat memilih aplikasi mana yang ingin Anda mulai: Bitcoin, Ethereum, FIDO atau pengaturan. Anda menavigasi dengan tombol kiri/kanan dan menggunakan/memilih aplikasi dengan menekan kedua tombol.

navigasi aplikasi dashboard

Validasi Transaksi Bitcoin

Menggunakan aplikasi Ledger Wallet Bitcoin Chrome Anda dapat meminta transaksi untuk ditandatangani. Nano S akan menampilkan parameter semua transaksi pada layar sehingga Anda dapat mengkonfirmasi secara aman: alamat penerima, jumlah dan biayanya.

validasi transaksi Bitcoin

Validasi Transaksi Ethereum

Menggunakan aplikasi Ledger Wallet Ethereum Chrome Anda dapat meminta transaksi untuk ditandatangani. Nano S akan menampilkan parameter semua transaksi pada layar sehingga Anda dapat mengkonfirmasi secara aman: akun penerima, jumlah, harga gas, batas gas.

validasi transaksi Ethereum

FIDO U2F Perangkat Otentikasi Yang Kuat

Anda dapat menggunakan Nano S otentikasi dongle yang kuat berkat aplikasi FIDO U2F yang bersertifikat. Layanan yang memenuhi syarat utama adalah Dashlane, Dropbox, Github, Gitlab dan Google account. Sangat mudah hanya dengan satu kali klik konfirmasi login/auth.

FIDO U2F login

Pengaturan Nano S

Beberapa pengaturan yang tersedia pada Nano S Anda yaitu: kecerahan layar, inversi warna, rotasi layar (sehingga Anda dapat mengontrol tombol dengan ibu jari Anda jika Anda suka), firmware info dan petunjuk bantuan.

pengaturan

Untuk memesan Ledger Nano S, disini.

Informasi lebih lanjut mengenai Ledger Nano S

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Tampilan Ledger Nano S, Sebuah Dompet Hardware

Jul 31, 2016Fajar Himawan

comments