Bank dan bitcoin atau lembaga yang serupa menyadari bahwa Blockchain adalah salah satu penemuan terpenting di zaman kita. Kemampuannya untuk menyimpan semua jenis data dan ketepatan verifikasi didalamnya, dengan adanya sistem yang tidak akan ada seorangpun yang bisa menghapus, menyusur/melacak, atau mengedit, itu ternyata jauh lebih berguna daripada yang dapat kita bayangkan.

Itu mungkin salah satu sebab sehingga kami memiliki blockchain dan sudah berjalan selama hampir tujuh tahun ini, namun jumlah perusahaan yang benar-benar inovatif menggunakan blockchain untuk sesuatu selain jasa perbankan dan keuangan masih relatif kecil.

Berikut ini sepuluh dari perusahaan yang sangat inovatif dalam menggunakan blockchain di luar industri perbankan dan keuangan.

Ascribe

Status: Terbuka untuk bisnis

Industri: Seni

Ascribe mengijinkan seniman untuk mengklaim kepemilikan dan masalah nomor, cetakan edisi terbatas dari segala macam karya seni dalam bentuk digital mereka menggunakan Blockchain. Bahkan termasuk pemasaran dan membantu dalam masalah membeli dan menjual karya seni melalui website mereka.

“Untuk setiap pencipta di Ascribe yang ingin melindungi dan mengelola pekerjaan kreatif mereka. Ascribe memberi layanan kepada Anda untuk mengetahui bahwa klaim kepenulisan Anda akan dijamin. Dengan Ascribe, penjualan properti digital semudah dalam menjual properti fisik. Ascribe memberikan layanan untuk mentransfer intellectual property (IP) kepada seseorang, di mana saja di seluruh dunia, hanya dengan email. Kami bertujuan untuk mendemokratisasikan IP dengan membuatnya sangat mudah diakses untuk setiap individu.”

*intellectual property (IP) adalah hak milik

BitProof

Status: Terbuka untuk bisnis

Industri: Hukum

BitProof adalah yang paling maju dari banyak aplikasi timestamping sebuah dokumen yang telah muncul dalam beberapa tahun terakhir, membuat notaris seakan-akan telah ketinggalan zaman. Meskipun versi gratis seperti Blocksign dan OriginStamp itu sudah ada, BitProof menawarkan layanan yang lebih menjanjikan, termasuk salah satu yang menargetkan perlindungan hak milik. Menariknya, BitProof baru-baru ini bekerjasama dengan Sekolah Holberton di San Francisco untuk memberikan sertifikat akademik kepada siswa mereka melalui blockchain.

*timestamp adalah urutan karakter, yang menunjukkan tanggal dan / atau waktu di mana peristiwa tertentu terjadi. timestamp adalah waktu di mana sebuah event dicatat oleh sebuah komputer, bukan waktu dari peristiwa itu sendiri.

UProov

Status: Terbuka untuk Bisnis

Industri: Hukum, Media

Mudah dan yang paling canggih dari semua aplikasi timestamping sampai saat ini, aplikasi smartphone ini mungkin berubah menjadi aplikasi blockchain yang paling berguna karena tidak ada batasan dalam situasi Anda untuk dapat mengekspresikan diri Anda dalam membuktikan sesuatu yang terjadi di sekitar Anda.

“Sekarang untuk pertama kalinya foto dan video yang Anda ambil dapat dibuktikan dan diandalkan sebagai salah satu karya otentik atau asli … Sebuah keunikan yang diciptakan dengan pengesahan Key/kunci yang diciptakan dari sebuah rekaman dan dimasukkan langsung ke dalam Blockchain Ledger. Rekaman tersebut akan terkunci, perubahan yang terjadi bahkan satu pixel pun maka kunci tersebut tidak akan cocok. Kunci dalam Ledger tersebut adalah bukti kuat dari integritas rekaman yang telah Anda buat. “

Semua data Anda dapat disetel menjadi publik atau privat di dalam blockchain, memungkinkan untuk digunakan seperti merekam klaim asuransi atau kebrutalan polisi dengan sangat mudah.

Colu

Status: Terbuka untuk bisnis

Industri: Development/Pengembangan

Colu adalah perusahaan pertama yang memungkinkan perusahaan lain untuk menerbitkan/mengeluarkan aset digital.

“Colu dapat digunakan dalam membuat lapisan aset digital di atas internet menggunakan Bitcoin blockchain … developer dengan sedikit atau tanpa pengetahuan Bitcoin, dapat mengeluarkan dan mengelola aset digital untuk berbagai kegunaan, dari industri keuangan (saham, obligasi, saham), record (sertifikat, hak cipta, dokumentasi) kepemilikan (tiket acara, voucher, kartu hadiah). “

Warranteer

Status: Terbuka untuk bisnis

Industri: Ritel, Asuransi

Warranteer menggunakan Colu untuk memindahkan jaminan produk Anda dari kertas ke blockchain, menjaga mereka tetap up-to-date dan mudah dipindahtangankan. Pelanggan mereka sudah termasuk LG dan GoPro.

“Warranteer memimpin revolusi eWarranty ke era digital dan menetapkan standar untuk dompet Anda yang bergaransi dan aman. Kami percaya pada hak Anda untuk menjadi konsumen cerdas dan mudah mengakses informasi dan dukungan produk Anda ‘. Platform garansi kami telah mendapat persetujuan Anda dan menghemat waktu Anda dengan aman dalam menyimpan semua eWarranties Anda ke cloud.”

Everledger

Status: Terbuka untuk bisnis

Industri: Asuransi, Berlian

Everledger menggunakan blockchain untuk dapat melacak berlian, dari tambang ke konsumen dan seterusnya. Ini memecahkan beberapa masalah lama setelah berdirinya industri asuransi yang akan menyelamatkan perusahaan asuransi lebih dari 300 Juta pound setiap tahunnya; Mendeteksi berlian yang menjadi konflik dan penipuan asuransi.

“Everledger adalah buku permanen untuk sertifikasi berlian dan sejarah transaksi terkait. Verifikasi untuk perusahaan asuransi, pemilik, penuntut dan penegakan hukum. “

Filament

Status: Membawa aplikasi nasabah

Industri: skala besar IOT

Filament menggunakan perangkat keras canggih untuk memperlihatkan semua jenis perangkat elektronik, terutama peralatan rumah, pada blockchain, menciptakan Internet of Things di daerah Anda.

“Filament memungkinkan Anda membangun bisnis yang terhubung tanpa menjadi seorang ahli keamanan, skalabilitas, atau jaringan Blanket pabrik sensor, atau mengontrol lampu jalan dari seluruh kota dan WiFi atau seluler. “

Genecoin

Status: Tahap Alpha

Industri: Medis, Genealogi

Genecoin bukanlah cryptocurrency, tapi layanan baru yang “mencadangkan DNA Anda” dengan menempatkan salinan genom Anda pada blockchain tersebut. Selain konotasi Sci-fi membuat salinan sendiri, ada kegunaan medis untuk menjaga profil DNA Anda agar lebih berguna dan dapat diakses.

“Kami membantu Anda mendapatkan sequencing DNA Anda, dan kemudian meng-upload ke dalam jaringan Bitcoin. Menyebarkan materi genetik Anda pada ribuan komputer di seluruh dunia.”

Provenance

Status: Terbuka untuk Bisnis

Industri: Retail

Provenance berusaha untuk merekam setiap hal terakhir yang terjadi dalam rantai pasokan ritel global blockchain, dan membuat semua data yang dicari secara real time untuk konsumen.

“Provenance membantu mengumpulkan dan berbagi informasi dan cerita di balik produk. Kami juga merintis metode baru untuk memastikan keaslian informasi – pelacakan item dan atribut mereka yang aman”.

Wave

Status: Dibiayai, masih dalam tahap Alpha

Industri: Impor / Ekspor

Wave menargetkan rantai pasokan global dan Bills of Lading yang akan dimodernisasi dengan blockchain tersebut. Mereka menghubungkan semua anggota rantai pasokan ke blockchain yang terpusat, yang memungkinkan untuk pertukaran dokumen secara langsung di antara mereka, mengatasi masalah industri perkapalan. Aplikasi WAVE ini mengelola kepemilikan dokumen pada blockchain dalam menghilangkan perselisihan, pemalsuan, dan risiko yang tidak perlu.

IBREA

Status: Komunitas Linkedin

Industri: Real Estate

Internasional Bitcoin Asosiasi Real Estate (IBREA) bukanlah sebuah perusahaan, tetapi sebuah kelompok advokasi. Kami merasa mereka butuh disebutkan karena mereka adalah kelompok besar real estate profesional yang ingin mendidik dan mempromosikan penggunaan dari blockchain dan bitcoin di real estate. Akhirnya, itu adalah rencana mereka untuk membantu memodernisasi seluruh proses, pemecahan masalah semua orang dengan real estate secara global termasuk proses judul, pendaftar tanah, dan bahkan escrow.

Sepuluh Perusahaan Yang Menggunakan Sistem Blockchain Dalam Inovasi Non-Finansial

Dec 21, 2015Fajar Himawan

comments