Salah satu misteri terbesar di dunia Bitcoin dan cryptocurrency telah terselesaikan, sepertinya Satoshi Nakamoto tidak lain adalah Dr. Craig Wright. Semua orang ingin kita percaya, meskipun sebagian besar informasinya hanya didasarkan pada sebuah desas-desus dan bukan bukti yang diverifikasi dengan sebenarnya.

Meskipun bukan pertama kalinya nama Dr. Craig Steven Wright muncul dalam pencarian Satoshi Nakamoto, berbagai media outlet di seluruh dunia mengklaim memiliki bukti substansial untuk mendukung pernyataan tersebut. Atau lebih tepatnya, mereka menyatakan pengumuman ini harus benar-benar berdasarkan informasi yang diverifikasi oleh orang lain, meskipun tidak meninggalkan bukti.

Baca juga: Pembelian Emas Pada OpenLedger Menggunakan Ethereum Yang Berbasis Digix DAO aset (DGD)

Selama beberapa tahun sampai sekarang, setiap orang yang menggunakan bitcoin mencoba untuk menggali identitas Satoshi Nakamoto, pencipta terkenal dari Bitcoin dan teknologi blockchain. Beberapa bulan yang lalu, berbagai media menunjukkan bahwa Dr. Craig Wright adalah Satoshi Nakamoto meskipun tidak ada bukti nyata untuk mendukung pernyataan mereka pada saat itu.

Sampai hari ini, ada beberapa bukti untuk mendukung pernyataan tersebut. Tampaknya agak terasa aneh Satoshi Nakamoto akan go public pada hari ini, namun itulah yang sedang terjadi saat ini. Seperti pengumuman ini yang sudah menimbulkan banyak kejutan, dan dunia Bitcoin pun gempar dengan spekulasi tersebut apakah iya atau tidaknya pernyataan tersebut valid.

BBC, salah satu media terbesar di dunia, mengungkap pernyataan tersebut malam ini. Rupanya, Dr. Wright mengungkapkan bahwa identitasnya sebagai Satoshi Nakamoto ke Gavin Andresen, seorang pengembang Bitcoin yang sudah lama. Ia melakukannya dengan menandatangani sebuah pesan secara digital menggunakan kunci enkripsi pribadi yang terkait dengan Bitcoin Genesis block. Sayangnya, tidak ada rincian secara detail tentang proses ini, dan yang anehnya lagi tidak ada atau tidak mungkin bagi siapa pun untuk memverifikasi keabsahan klaim ini.

Pernyataan dari seseorang yang menandatangani pesan dengan kunci pribadi Satoshi Nakamoto, dan melihat pesan, adalah dua hal yang berbeda. Mengingat betapa hanya segelintir orang “dunia” telah melihat penandatanganan ini secara pribadi, itu tidak meminjamkan banyak kredibilitas dari pernyataan tersebut untuk sementara waktu. Mengingat sifat transparan dari Bitcoin dan teknologi blockchain mendasarinya, Satoshi Nakamoto membayangkan masa depan yang terbuka dan transparan bagi dunia, dan menjaga “teknologi” itu dari balik layar adalah kontras dengan visi aslinya.

Jon Matonis, anggota lama dari komunitas Bitcoin yang lainnya, menganggap bukti yang disajikan oleh Wright tersebut sangat meyakinkan, karena ia adalah “Satoshi Nakamoto yang sebenarnya”. Sekarang semua orang diseluruh dunia dapat memverifikasi informasi ini bahwa Dr Craig Steven Wright menjadi Satoshi Nakamoto.

Sumber: Calvin Ayre

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Mengungkap Identitas Yang Sebenarnya Dari Satoshi Nakamoto

May 2, 2016Fajar Himawan

comments