Anda mungkin pernah mendengar kata “Bitcoin” sebelumnya. Meskipun Anda telah mendengar tentang hal itu, ada kesempatan yang baik bagi Anda untuk memahami apa itu bitcoin, cara kerjanya, dan mengapa orang begitu bersemangat tentang hal itu.

Bitcoin dimulai pada tahun 2008 oleh orang tak dikenal atau kelompok yang muncul dengan nama Satoshi Nakamoto. Sementara itu bitcoin telah menerima banyak cakupan yang berfokuskan pada potensi sebagai mata uang. Bitcoin sebagai mata uang adalah salah satu tujuan aplikasi yang menggunakan teknologi Blockchain ini, kerangka teknologi yang mendasari yang membuat mata uang, dan semua aplikasi potensial lainnya.

Baca juga: Platform Minex Membuka Pemesanan Untuk Cryptocurrency MineCoin

Sembari menjelaskan semua kompleksitas bitcoin, poin kunci nya adalah Bitcoin pada dasarnya merupakan jaringan desentralisasi komputer. Sementara Visa dan Mastercard memiliki pusat data mereka sendiri pada daya jaringan mereka, transaksi, pembayaran, dll, konfirmasi Bitcoin merupakan desentralisasi dan didukung oleh apa yang dikenal sebagai “Bitcoin Miner”.

Para penambang Bitcoin menyediakan daya komputasi untuk jaringan Bitcoin yang memecahkan masalah matematika kompleks yang diperlukan untuk daya jaringan dalam pertukaran sebagai biaya, dibayarkan, tentu saja, dalam Bitcoin. Pertambangan Bitcoin adalah tulang punggung industri Bitcoin yang telah mengangkat lebih dari $ 1 miliar dalam modal ventura dari pemodal ventura terkemuka di dunia.

Namun, industri ini berubah dengan cepat. Hanya beberapa tahun saja pertambangan yang bisa dilakukan dari rumah, sekarang bisa dilakukan dengan modal atau hasil sebesar multi-juta dolar yang dapat dilakukan oleh sebuah organisasi/perusahaan “farms/lahan” yang didedikasikan untuk satu hal saja yaitu pertambangan bitcoin.

Nah gambar di bawah ini menunjukkan sistem pertambangan rumah pada tahun 2013:

Dan inilah yang disebut dengan lahan pertambangan dengan skala besar:

Perusahaan mulai berinvestasi dengan dana jutaan dolar untuk membangun fasilitas-fasilitas besar dan keamanan yang tinggi di negara-negara seperti Islandia yang dikenal karena tarif listriknya yang murah, listrik adalah salah satu poin penting mengenai biaya ketika berhubungan dengan pertambangan.

Untuk memahami arah dari industri ini saya telah berbincang-bincang dengan Marco Streng, CEO dan co-founder dari Genesis Mining. Genesis Mining merupakan penyedia layanan cloud mining terbesar di dunia, melayani lebih dari 250.000 pelanggannya setiap harinya dan secara aktif mendukung dan pendukung bagi pertumbuhan dan ekspansi industri Bitcoin secara keseluruhan.

Inilah yang saya pelajari tentang masa depan industri pertambangan Bitcoin:

Q: APA SAJA SIH PERUBAHAN MENONJOL DARI PERTAMBANGAN BITCOIN SELAMA 5 TAHUN TERAKHIR INI?

Marco Streng: Perubahan pada dunia pertambangan selama 5 tahun terakhir ini sangatlah radikal. Tidak hanya teknologi yang telah berkembang dari pertambangan CPU/GPU yang awal dalam bentuk nanometer rendah ASIC penambang yang sangat khusus, tetapi juga seluruh struktur pasar ikut bergeser juga. Di mana pada awalnya kami hanya memiliki alat penambang rumahan yang mempunyai beberapa mesin di rumah, namun kini kami memiliki alat pertambangan dengan operasi skala besar. Sebagian kecil dari pasar yang ada masih terdapat para penambang rumahan, mereka sangat idealis serta berorientasi untuk mendukung jaringan atau melakukannya untuk sekedar hobi saja karena dalam pandangan ekonomis tidak ada kata cukup untuk mendapatkan kesempatan dalam bersaing dengan operasi skala besar.

Q: BAGAIMANA ANDA MELIHAT PERUBAHAN PERTAMBANGAN BITCOIN DI MASA DEPAN?

Marco Streng: Hanya dalam 2-3 tahun terakhir, kami telah melihat sebuah lompatan besar dalam  bidang teknologi, bahkan melampaui hukum Moore. Hal ini sudah mulai berubah pada tahun lalu dan pertambangan telah bergerak lebih dan lebih dari permainan keuntungan yang cepat dalam jangka pendek, industri ini juga mulai selektif dalam sebuah operasi yang paling efisien yang memiliki kesempatan untuk menghasilkan keuntungan yang tinggi dalam sebuah perpanjangan frame.

Q: APAKAH ANDA PRIHATIN TENTANG KONFLIK INTERNAL YANG TERJADI DI INDUSTRI BITCOIN SAAT INI? (BATAS BLOK SIZE, DLL)

Marco Streng: Saya harus mengakui memang diperlukan waktu terutama awal tahun ini di mana para penambang dan pengembang inti saling berbeda opini/pendapat secara mendasar yang menyebabkan scaling perdebatan. Meskipun hal ini menimbulkan diskusi panjang dan intens dalam masyarakat komunitas bitcoin, saya senang dengan adanya konsensus untuk menentukan tujuan berikutnya dengan segera dan ada alasan yang baik untuk menjadi positif dan bersemangat tentang apa yang akan muncul nantinya. Bahkan berbagai solusi untuk skalabilitas rantai/chain seperti misalnya SegWit yang baru saja muncul atau Schnorr Signatures serta solusi untuk skalabilitas off chain seperti misalnya Lightning or Thunder Network yang membuat saya lebih mendukung bitcoin dari sebelumnya. Rasanya benar-benar hebat dan mendebarkan bisa menyaksikan solusi ini sedang bekerja!

Q: APA CRYPTOCURRENCIES LAINNYA JUGA MENARIK DARI SUDUT PANDANG PENAMBANG, DAN CRYPTOCURRENCIES APA YANG PALING MENARIK?

Marco Streng: Ada banyak cryptocurrencies yang berbeda di pasar altcoin serta booming yang benar-benar cukup menarik bagi para penambang. Para kandidat teratas dalam pendapat saya adalah Ethereum, Dash, koin penyimpanan seperti Sia atau Maidsafe dan Zcash nantinya. Tentunya masih banyak lagi selain mereka tadi, tetapi mereka pasti salah satu yang paling menarik untuk saat ini. Kami bisa sangat bersemangat untuk melihat apa yang akan terjadi di pasar altcoin yang sering dipandang sebagai taman bermain yang inovatif untuk cryptocurrencies. Anonymous koin berorientasi atau sebagai penyimpanan yang berbasis file seperti yang disebutkan tadi bukan satu-satunya dan pasti ada banyak lagi yang akan datang.

Q: APA SIH MASA DEPAN DARI BITCOIN SECARA UMUM?

Marco Streng: Banyak modal ventura yang telah diinvestasikan ke Bitcoin yang berfokus pada startups serta dipimpin oleh pengusaha besar yang sangat luar biasa. Modal tersebut saat ini sedang digunakan dan seluruh infrastruktur pembangunan startup sedang dalam tahap pembangunan, yang tentu saja, membutuhkan waktu yang lumayan lama. Di mana industri itu muncul dari sini sangat tergantung pada pengusaha tersebut dan perusahaan dapat memastikan bahwa mereka memanfaatkan teknologi ini untuk memecahkan masalah nyata.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Masa Depan Pertambangan Bitcoin Akan Seperti Apa Ya?

Sep 13, 2016Fajar Himawan

comments