Meskipun tergolong masih muda, cryptocurrency DASH memiliki sejarah yang penuh peristiwa. Proyek ini diluncurkan pada tanggal 18 Januari 2014 sebagai XCoin. Bunga yang cukup besar dalam mata uang baru ini muncul sejak awal. Tentu saja, cryptocurrencies yang dapat ditambang pada CPU dan GPU, baik dulu dan sekarang ada tetapi XCoin berbeda secara positif dari salah satu dari mereka. Mari kita mendengar cerita yang menarik dari cryptocurrency muda DASH.

Zaman XCoin

Kombinasi dari 11 algoritma kriptografi (blake, bmw, groestl, jh, keccak, skein, luffa, cubehash, shavite, simd, echo) menjadi algoritma dasar Xcoin. Sebuah singkatan pendek dari semua itu disebut X11. Dengan memecahkan semua 11 algoritma akan memberikan hacker kesempatan untuk merebut kekuasaan di jaringan tersebut. Hal itu membuat sistem Xcoin yang lebih aman dibandingkan dengan cryptocurrencies yang hanya menggunakan satu algoritma (seperti Bitcoin SHA-256 dan Litecoins scrypt algoritma).

Selain itu Xcoin memberikan kecepatan tinggi dalam hal transaksi. Kecepatan konfirmasi transaksi, 2,5 menit (sama seperti Litecoin), berbeda jika dibandingkan dengan Bitcoin dengan 10 menit nya atau lebih untuk mengkonfirmasi sebuah transaksi.

Penambang menyukai XCoin karena efisiensi dari algoritma tersebut tinggi. Secara umum, Xcoin memiliki banyak inovasi secara teknis akan tetapi Xcoin masih menerima banyak kritik. Terutama karena bug yang diketahui di dalam kode yang memungkinkan beberapa penambang awal untuk mendapatkan upah besar. Dalam hanya 48 jam mereka menerima 1,9 juta koin, atau sekitar 30% dari seluruh volume yang saat ini ada. Dan pada tahun berikutnya penambang tersebut dengan seratus ribu Xcoinnya akan menjadi jutawan.

Saatnya Bagi Darkcoin

Hanya 10 hari setelah dimulainya proyek pada tanggal 28 Januari 2014, Xcoin berubah nama menjadi Darkcoin. Berkat fungsi DarkSend unik cryptocurrency, Darkcoin dengan segera mendapatkan popularitas yang cukup besar dikalangan komunitas kripto.

Bitcoin tidaklah anonim, hanya saja para pengguna harus menggunakan layanan tambahan untuk memastikan anonimitas. Sementara fungsi Darkcoin yang memungkinkan untuk menutupi transaksi dan alamat IP pengguna sebuah jaringan dibangun ke dalam cryptocurrency tersebut. Pada 2014 harga Darkcoin membuat lompatan yang cukup besar, dan Darkcoin masuk TOP-5 dari cryptocurrencies yang paling populer di dunia.

Diperdagangkan mulai pada sekitar $ 0,6 pada akhir Februari 2014, dan hingga akhir bulan April harga tidak dapat lebih dari $ 1. Tapi kemudian melonjak menjadi $ 2, mendapat bantingan kecil, dan mencapai $ 14 pada akhir bulan Mei.

Harga Darkcoin terus berada pada posisi $ 10 untuk waktu yang tidak lama, dan kemudian mulai jatuh ke level $ 1,6 pada bulan Agustus. Sampai akhir 2014 harga Darkcoin berfluktuasi/naik turun dari $ 1,6 sampai $ 3,2 dengan kecenderungan menurun. 2015 juga di mulai di level harga $ 1.6.

Zaman Dari DASH

Pada 25 Maret 2015 pengembang mengubah nama Darkcoin menjadi Dash (singkatan dari “digital cash”). Penggantian nama itu dibuat untuk menghindari asosiasi dengan pasar underground dan bayangan bisnis, dan juga untuk menarik khalayak yang lebih luas. Rencana para pengembang pun berhasil dan DASH mulai naik. Sekarang banyak pendukung DASH melihat cryptocurrency ini sebagai alternatif yang baik dari Bitcoin.

Sistem dua tingkat jaringan merupakan inovasi yang unik di dunia cryptocurrency. Ada kemungkinan untuk memperoleh koin dalam jaringan tersebut bukan saja oleh sektor pertambangan mata uang digital, namun juga pada masternodes (salah satu node jaringan terpercaya yang mempercepat transaksi hingga sekitar beberapa detik). Kapasitas jaringannya jadi sangat tinggi dan tidak mengabaikan desentralisasi serta anonimitas.

Pada tahun 2016 Evan Duffield dan pengembang akan menyerahkan proyek Evolution yang akan memberikan DASH fungsionalitas jaringan sosial juga. Semakin banyak ATM untuk Bitcoin atas inisiatif yang mulai menerima DASH. Tapi kekuatan utama DASH adalah di masyarakat, di mana peserta aktif membantu mengembangkan jaringan dengan berinvestasi dalam berbagai proyek.

Pada 2015 harga DASH tidak berubah banyak. Fluktuasi utama berada di sekitar harga $ 3. Di bawah tingkat harga ini adalah tingkat yang baik dalam pembelian. Pada grafik untuk tahun 2015 kita dapat melihat dua puncak: satu dari $ 5,13 pada bulan April 2015 ketika pasar bereaksi positif terhadap berita tentang penggantian nama dari koin tersebut, dan bagian kedua $ 3,99 pada bulan Juli.

Mungkin China akan lebih memperhatikan Dash terutama karena dalam bahasa sehari-hari Cina kata DASH (世 币) terdengar seperti “koin dunia” atau “mata uang dunia”.

Selain itu, kemungkinan rilis perangkat ASIC untuk X11 pada tahun 2016 akan melambung.

Sumber : Cointelegraph

Kisah Menarik Dari Cryptocurrency DASH

Jan 16, 2016Fajar Himawan

comments