India adalah salah satu negara yang berkembang pesat terbesar di dunia, dan e-commerce tampaknya akan mengambil kesempatan dalam kehidupan sehari-hari konsumen. Pada saat yang sama, penerimaan Bitcoin di negara ini mengalami tren kenaikan juga. Meskipun Bitcoin tidak membuat dampak yang besar dalam dunia e-commerce di India dahulunya. Ada beberapa manfaat untuk menggunakan mata uang virtual ketika dihadapkan dengan penjualan kambing hidup.

Percobaan ini datang pada waktu yang sangat tepat, sebagai komunitas muslim di seluruh dunia yang merayakan Idul Adha, mengorbankan ternak dan berbagi daging dengan teman-teman dan keluarga. Karena perubahan zaman, dan teknologi menjadi identik dengan belanja setiap harinya dan bahkan komunikasi.

Daripada mengantre untuk mendapatkan kambing hidup, penduduk India sekarang memiliki kesempatan untuk membeli hewan ternak melalui Internet. Bebas hambatan, jauh lebih sedikit drama ketika orang mencoba untuk tawar-menawar untuk harga yang lebih baik. Pasar OLX membuat semua ini mungkin, dan mereka saat ini memiliki beberapa ratus kambing untuk dijual di seluruh India.

Seperti yang Anda harapkan, harga untuk hewan-hewan ini dapat berkisar dari beberapa dolar sampai US $ 10.000. Harga yang tinggi mungkin tampak keterlaluan bagi para pembaca, tetapi ritual tahunan yang suci ini adalah alasan yang cukup untuk mendorong nilai ternak melambung tinggi. 

Apa yang harus ada di India untuk menjual kambing, semua yang mereka butuhkan adalah perangkat yang tersambung ke internet. Bahkan smartphone dan tablet termurah dapat digunakan untuk tujuan ini, karena semua yang mereka butuhkan adalah gambaran dari kambing dan harga yang harus ditetapkan. Namun, tidak ada cara lain untuk menarik pembeli berpotensial dalam jarak tertentu. 

Tetapi ada kelemahan tertentu bagi pasar OLX ini. Pembeli hanya bisa melihat gambar kambing. Selain itu, tidak ada cara untuk memeriksa kondisi fisik hewan atau menilai karakter. Ide menjual ternak online melalui OLX pada hari merupakan suatu ide yang cemerlang, tetapi tampaknya tidak menjadi sesuatu yang layak dalam pelaksanaannya.

Solusi Decentralized Bisa Ditambahkan Dengan Bantuan Pembayaran Bitcoin?

Meskipun ide ini tidak layak sekarang, selalu ada tahun depan untuk memberikan ide ini dan mencoba lagi. Merencanakan pengulangan dari ide ini baik pada penampilan awal bisa membuat ide cukup berbuah, dengan asumsi India siap untuk merangkul teknologi yang tepat untuk melakukannya. Menggunakan teknologi blockchain untuk memberikan informasi tambahan mengenai ternak akan menjadi langkah besar dalam arah yang benar.

Bitcoin bisa menjadi alat yang hebat untuk semua pihak yang terlibat. Mengingat betapa banyak setiap warga negara di India yang memiliki akses ke komputer, tetapi mereka memiliki smartphone, Bitcoin jauh lebih nyaman untuk melakukan sebuah transaksi ini dibandingkan dengan mata uang fiat. Uang dapat ditransfer dalam hitungan detik, dan disimpan pada perangkat mobile atau komputer dari penjual dengan cara yang aman.

Apa yang Anda pikirkan tentang ide penjualan ternak melalui Internet? Akankah teknologi blockchain dan/atau Bitcoin membuat sebuah perbedaan? Berikan komentar Anda di bawah ini!

Sumber: CNN Money

Gambar dari OLX, Shutterstock

Originally posted on: India Attempts Livestock E-Commerce Sales, Bitcoin Payments Next?

Sep 26, 2015Fajar Himawan

comments