Andrew Keys adalah direktur komunikasi dari ConsenSys dan co-founding anggota ConsenSys Enterprise, kelompok konsultan dalam ConsenSys. Sebelumnya, Andrew bekerja untuk UBS dalam analisis ekuitas.

Di sini, ia memberikan 16 prediksi pada blockchain dan sektor teknologi desentralisasi di tahun 2016.

1. Banyak yang menggunakan istilah ‘blockchain’ atau ‘distributed ledger’ yang sebenarnya setelah dipelajari mereka tersebut berarti Ethereum

Ethereum akan mulai menunjukkan kekuatannya sebagai upaya yang diperlukan dalam sebuah protokol (mengingat suksesnya versi 1.0 yang dirilis pada 31 Juli 2015), dan pembangunan yang lebih difokuskan pada aplikasi desentralisasi.

Selain itu, Ethereum browser seperti Metal Mask dan Mist dan dompet uPort dan Portal Identitas diri akan digunakan oleh 99,5% orang dari seluruh dunia, sehingga rata-rata pengguna tidak perlu mengakses Ethereum melalui baris perintah.

Harga Eter akan lebih dari $ 1,15 pada 29 Februari 2016.

2. Skalabilitas akan menjadi holy grail dari teknologi publik blockchain

Ethereum akan membangun dirinya sebagai pemimpin yang jelas dalam hal ini.

Bitcoin mungkin memiliki sidechains dan Lightning Networks, tapi keduanya membutuhkan perubahan protokol secara mendalam yang bisa memakan waktu yang sangat lama untuk dapat diterapkan.

Sistem lain, seperti Digital Asset ini Hyperledger, akan lebih terukur, tetapi tidak memiliki kemampuan umum desentralisasi smart kontrak.
Ethereum memiliki saluran pemerintah dan solusi yang mirip dengan jaringan Raiden dan lebih fleksibel daripada Lightning Networks untuk transaksi off-blockchain seperti micropayments. Satu-satunya alat berbasis blockchain yang diperlukan untuk membuat solusi ini bekerja adalah smart kontrak, sehingga mekanisme ini akan segera tersedia di Ethereum.

Setelah hal tersebut terealisasikan, kita bisa mengharapkan teknologi raksasa seperti IBM untuk menggunakan Ethereum sebagai tulang punggung dalam Internet mereka pada masalah platform.

3. Diharapkan pada tahun ini kita belajar apa itu blockchain

Istilah-istilah dari 2016 akan ‘smart kontrak’, ‘Merkle tree’ dan ‘proof-of-stake’.

4. Private dan publik blockchain akan selalu berdampingan

Ide solusi privat dan semi privat (atau konsorsium) blockchain yang saling terhubung/terintegrasi akan muncul secara menonjol. Dan solusi bisnis akan menyebar selama ini dan jaringan Ethereum publik.

5. Akan ada kesadaran yang lebih lanjut bahwa internet ini sudah terpecah

Inter-Planetary-File-System (IPFS) akan mulai menjajah dunia.

6. 2016 akan menjadi tahun pemrograman blockchain 101

Akan ada lebih proofs-of-concept (POCs) dan minimal viable product (MVP) sebagai contoh blockchain dari 500 perusahaan Fortune.

7. POCs dan MVP akan menjadi bagian dari solusi blockchain service

Layanan cloud ini, seperti platform Microsoft Azure, akan memberikan tempat yang aman untuk pengembang baru dalam membungkus ide mereka di sekitar konsep-konsep seperti smart kontrak serta menerapkan ide mereka pada korporasi mereka.

8. Regulator/Peraturan akan muncul untuk memahami (dan mencintai) teknologi blockchain

Setelah krisis keuangan pada tahun 2008-2009, CFTC dan regulator lainnya berlaku untuk aturan jaminan transaksi swap yang belum jelas.

Aturan-aturan ini dapat ditanamkan ke dalam smart kontrak dengan sistem rebalancing jaminan/collateral secara otomatis untuk memastikan kepatuhan peraturan dan transparansi.

Bayangkan jika regulator memiliki kemampuan untuk melihat semua posisi pertukaran di pihak counter dan collateral mendukung mereka secara real-time selama masa krisis.

9. Biro hukum akan mulai menulis smart kontrak

10. Kita akan mempelajari apa itu identitas diri digital dan bagaimana kita harus memiliki identitas kita tersebut

Perubahan ini akan dipelopori oleh para pemikir progresif seperti Joseph Lubin, Christian Lundkvist dan Vinay Gupta

11. Bitcoin akan terus menjadi mata uang yang relatif kecil

Bitcoin akan terus digunakan sebagai alat transfer yang sangat baik dari value protokol, tapi tidak banyak lagi. Namun, harga akan terus naik karena pengaruh pengurangan pendapatan mining sebanyak separuhnya dari sekarang dan ketertarikan yang berlanjut dari investor Cina.

Coinbase dapat menjadi unicorn blockchain pertama. Harga bitcoin akan berada di atas $ 475 pada tanggal 29 Februari 2016.

12. Bank akan terus mengajukan paten dan membangun sistem internal dengan teknologi blockchain

Hal ini akan terus berlanjut meskipun mereka menjadi bagian dari konsorsium.

13. Open-Ledger Proyek Linux Foundation akan mulai memfasilitasi evolusi teknologi blockchain

14. Pemerintah akan mulai menyadari potensi teknologi blockchain

Mereka akan, terlibat dengan ragam penggunaan kasus mulai dari judul registri identitas.

15. Sensasi blockchain tidak akan mati

Dunia akan mulai mengerti bahwa blockchain bisa mengacaukan … segalanya.

16. Kita semua di sektor blockchain akan terus belajar bahwa kita lebih baik muncul dengan gebrakan yang baik dari kerendahan hati

CEO, bankir, akuntan dan pengacara akan belajar banyak untuk mencerna sesuatu hal yang berhubungan dengan teknologi, sementara para ilmuwan komputer akan belajar outsource hukum, akuntansi, pengembangan bisnis dan keterampilan eksekutif.

Ini adalah harapan saya bahwa kita harus saling belajar seni keunggulan yang komparatif, kompromi dan kepercayaan antarpribadi sambil membangun teknologi serta kepercayaan untuk mempercepat hal yang lebih besar itu muncul.

Sumber Medium

Disclaimer: Pendapat yang dinyatakan dalam artikel ini adalah dari penulis dan tidak mewakili suatu pandangan, dan tidak boleh dikaitkan dengan, Bitcoinnewsindo.com.

Ethereum Akan Terkenal (dan 15 Prediksi Blockchain lainnya Pada Tahun 2016)

Jan 6, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments