Jika Bitcoin Unlimited melakukan hard fork, hal ini akan menyebabkan koin-split pada Bitcoin, bursa pertukaran bitcoin pun akan mendaftarkan koin cabang ini sebagai kelas aset yang baru yang bernama BTU (koin aset dari Bitcoin Unlimited).

Baca juga: Bursa Pertukaran Bitcoin Mengungkap Rencana Darurat Hard Fork

Awal pekan ini, dunia pool pertambangan terbesar, AntPool, mengumumkan akan mengganti semua kekuatan hash mereka untuk Bitcoin Unlimited, implementasi software yang tidak sesuai dengan protokol Bitcoin saat ini. Dengan langkah ini dari pemain akan berpengaruh dalam ekosistem pertambangan Cina, perpecahan di blockchain Bitcoin ini mulai terlihat lebih jelas. Jika koin split ini terjadi, mungkin akan ada dua jenis “bitcoin” yang akan terbentuk dan beredar di market nanti, yang akan menimbulkan banyak kekhawatiran.

Sekelompok bursa besar, termasuk Bitfinex, Kraken, Bitstamp, BTCC dan lain-lainnya, mengumumkan bahwa koin dari Bitcoin cabang Unlimited akan dianggap sebagai aset baru. Koin di cabang yang mengikuti protokol Bitcoin ini akan terdaftar di bawah ticker yang asli.

“Jika hardfork terjadi, Bitcoin Core akan terus terdaftar sebagai BTC (atau XBT) dan fork yang baru sebagai BTU (atau XBU),” tulis surat persetujuan bersama yang diterbitkan oleh sekelompok bursa besar itu.

Akan Ada Koin Split

Hard fork merupakan perubahan protokol yang tidak kompatibel. Hard fork mempunyai resiko, karena jika beberapa pengguna Bitcoin mengadopsi sebuah perubahan, dan sementara yang lainnya tidak,maka jaringan blockchain dan mata uang digital yang mengalami hard fork juga dapat mengalami pemecahan.

Hal ini juga terjadi pada Ethereum pada musim panas lalu, yang mengapa sekarang ada juga “Ethereum Classic.” Ada sedikit pertentangan di mana dari dua cabang ini harus disebut sebagai “Ethereum” pada saat fork, karena Ethereum Foundation memegang merek dagang “Ethereum”, dan pendirinya Vitalik Buterin, membuat pilihan yang jelas untuk rantai cabang hard fork.

Tapi untuk Bitcoin, tidak ada yang memegang merek dagang, dan tampaknya tidak mungkin bagi Satoshi Nakamoto untuk kembali muncul. (Dan bahkan jika ia tidak kembali belumlah jelas berapa banyak otoritas pengguna Bitcoin yang akan mengaitkan masalah ini kepadanya.) Dengan demikian, koin-split ini, dapat terjadi jika Bitcoin Unlimited melakukan hard fork dan menjadi tidak kompatibel dengan sebagian besar implementasi lainnya masih terdapat pada Bitcoin, hal ini bisa lebih membingungkan nantinya.

Untuk menghindari masalah ini dan untuk memastikan bahwa operasi ini dapat dilanjutkan, kelompok dari beberapa bursa bitcoin terbesar di dunia sekarang sedang melakukan pendaftaran  koin dari cabang Bitcoin Unlimited sebagai aset yang baru.

Surat persetujuan tersebut ditandatangani oleh beberapa bursa besar di dunia dengan volume perdagangan tinggi seperti Bitfinex, bursa pertukaran euro terbesar oleh volume perdagangan yang tinggi, Kraken, dan bursa pertukaran besar dari China BTCC. Penandatangan lainnya juga dilakukan oleh bursa pertukaran Bitstamp, bursa pertukaran Bitso yang berbasis di Mexico, bursa pertukaran yang berbasis di Inggris Coinfloor, broker dari Belanda dan bursa pertukaran Bitonic/Bl3p, bursa altcoin Bittrex dan ShapeShift, bursa pertukaran desentralisasi Bitsquare/bisq dan masih banyak lagi.

Perlindungan Replay

Selain itu, bursa pertukaran tersebut juga meminta tim dari Bitcoin Unlimited untuk memecahkan masalah lainnya sebelum BTU ini terdaftar di bursa pertukaran tersebut mengenai serangan replay.

Tanpa tindakan pencegahan khusus, koin-split ini bisa sangat berantakan ujungnya. Ketika Ethereum terbagi misalnya, transaksi di kedua sisi fork tampak sama persis. Dengan demikian, jika kita ingin menghabiskan uang pada salah satu ujung rantai dengan sengaja dapat menyebabkan penyetaraan koin yang akan dihabiskan di sisi lainnya dari rantai tersebut. Bukannya melakukan pembayaran hanya dengan koin eter (ETH), pengguna ini juga berkemungkinan dan dengan tidak sengaja melakukan pembayaran pula dengan coin eter klasik (ETC)- atau sebaliknya.

Implementasi Bitcoin Unlimited pada saat ini belum menyertakan sebuah perlindungan replay. Oleh karena itu, jika Bitcoin Unlimited akan melakukan hard fork dan menciptakan koin-split, dan masalah seperti itu bisa saja dan sangat mungkin muncul dalam kasus ini.

Maka dari itu, sekelompok bursa pertukaran ini juga meminta tim dari Bitcoin Unlimited untuk memasukkan perlindungan replay.

Baca surat persetujuan secara lengkap dengan penandatangannya di sini.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

BTU Merupakan Koin-Split Dari Bitcoin Ini Akan Segera Muncul Di Pasaran

Mar 19, 2017Fajar Himawan

comments