OneCoin, mata uang digital yang terpusat ini dioperasikan dan dikelola oleh OneCoin Limited sedang dalam proses penyelidikan. Financial Conduct Authority (FCA) dari Inggris telah memperingatkan masyarakat luas untuk menahan diri dari perdagangan OneCoin dalam bentuk fiat atau pun mata uang digital lainnya.

Semua mata uang digital tidak dibuat sama. Pengenalan Bitcoin menyebabkan perdebatan mengenai legitimasi dan kepercayaan dari aset digital terdesentralisasi, tidak diatur oleh satu perusahaan atau organisasi. Sementara Bitcoin, dari waktu ke waktu telah berhasil membangun kepercayaan, hal ini tidak dapat dikatakan untuk OneCoin.

Baca juga: Pertama Kalinya Di Dunia: Genesis Mining Perusahaan Pertambangan Bitcoin Mengirimkan Bitcoin Ke Ruang Angkasa

OneCoin telah membawa beberapa kontroversi dan banyak orang yang telah menyuarakan keprihatinan tentang kredibilitas mata uang digital ini. Laporan media baru-baru ini juga telah menarik perhatian dengan skema investasi OneCoin ini yang ditemukan mirip dengan berbagai skema dengan sistem kaya-cepat, dan multi-level marketing. Organisasi pemerintah dan badan swasta di negara-negara seperti Belgia dan Swedia juga telah mengeluarkan peringatan keras tentang OneCoin. Kombinasi peringatan dan laporan praktik penipuan yang dituduhkan pada bagian OneCoin tampaknya telah membuka pintu penyelidikan oleh Polisi London.

“Kami menyerukan kepada konsumen untuk waspada terhadap OneCoin, yang mengklaim menawarkan kesempatan untuk menghasilkan uang melalui perdagangan dan ‘pertambangan’ mata uang virtual.”

– Peringatan pada situs FCA.

Situs ini juga melaporkan mengenai investigasi yang sedang berlangsung pada OneCoin oleh Kepolisian Kota London bersama dengan informasi kontak ActionFraud – Penipuan Nasional dan Pusat Pelaporan Cyber Crime bagi mereka yang mungkin telah menjadi korban untuk praktek yang diduga penipuan OneCoin ini. Website FCA juga menyebutkan bahwa konsumen OneCoin tidak dilindungi oleh Layanan Ombudsman Jasa Keuangan Skema Kompensasi.

Awal tahun ini, OneCoin telah menggelar sebuah acara nasional untuk pertama kalinya di sebuah hotel di London, menarik lebih dari 1000 orang. Dalam acara tersebut, mereka berusaha keras-menjual keanggotaan, dengan biaya paket mulai dari GBP 100 sampai 28.000 GBP bersama dengan janji-janji keuntungan yang besar. Tidak seperti cryptocurrencies lain, seseorang tidak bisa membeli OneCoin sendiri dari sebuah bursa pertukaran, namun mereka harus membeli token dari perusahaan dan menukarnya dengan mata uang digital.

Dengan tidak ada informasi yang jelas yang tersedia di OneCoin atau penciptanya di domain publik, penyelidikan resmi terhadap mata uang digital ini mungkin akhirnya akan membuka kedok dari scema ciptaan OneCoin.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Sumber: FCA & Mirror

FCA Memperingatkan Masyarakat Mengenai Skema OneCoin, Polisi London Sudah Memulai Proses Investigasi

Sep 28, 2016Fajar Himawan

comments