Bitcoin adalah mata uang desentralisasi. Tidak ada entitas sentral yang mengatur atau mengendalikan Bitcoin.

Tidak memiliki entitas sentral yang berarti tidak ada entitas yang dapat mengembang harga bitcoin atau mendevaluasi dengan memanipulasi pasokan. Dengan bitcoin, tidak ada risiko dalam pencetakan uang oleh pemerintah. Penciptaan bitcoin terjadi pada tingkat yang stabil, pasokannya yang terbatas hanya 21 juta unit Bitcoin.

Selain itu, tidak ada satu titik kegagalan.

Jika Pemerintah AS gagal, itu bisa memiliki efek yang merugikan pada mata uangnya. Bitcoin dimulai, dan berkembang, tanpa entitas pusat. Ini adalah jaringan terdistribusi. Jika salah satu bagian dari jaringan yang gagal atau offline, Bitcoin akan tetap bekerja.

2. Bebas Biaya Transfer dan Penyimpanan

Ingat, Bitcoin bukan perusahaan atau bisnis usaha

. Bitcoin tidak membebankan pelanggan untuk menggunakan layanan ini. Ini adalah sebuah teknologi open source. Dengan demikian, bitcoin itu gratis dari b iaya transfer dan penyimpanannya.

Dolar AS yang mendominasi dikendalikan

oleh lembaga keuangan yang sering memungut biaya untuk layanan transfer. Beberapa layanan telah dibangun menggunakan Bitcoin yang memungut biaya tetapi tidak ada kewajiban untuk menggunakannya – Bitcoin itu sendiri masih bebas dari biaya transfer.

3. Perlindungan Privasi

Di satu sisi

, Bitcoin sangat transparan seperti ladger umum yang memberikan visibilitas lengkap ke mana transaksi yang masuk dan kemana Bitcoin dikirim. Di sisi lain, tidak ada yang tahu siapa yang memegang alamat bitcoin tertentu. Jika Anda tidak ingin diidentifikasi, Anda dapat tetap anonim saat menggunakan bitcoin. Bitcoin memiliki perlindungan privasi yang kuat tidak seperti PayPal. Account Bitcoin diberi nomor, tetapi tidak memiliki informasi pribadi. Pengguna dapat memiliki beberapa alamat bitcoin, dan mereka tidak terhubung ke nama, alamat, atau informasi identifikasi pribadi lainnya. Jika, untuk alasan apapun, Anda tidak ingin orang tahu tentang transaksi yang Anda buat, bitcoin mungkin menjadi pilihan yang lebih baik daripada, cek. Saya menduga perlindungan privasi adalah alasan mengapa Bitcoin telah digunakan untuk membeli obat-obatan terlarang secara online, meskipun itu tentu bukan satu-satunya kasus manfaat dari penggunaannya.

4. Kebebasan untuk Bertransaksi

Karena Bitcoin tidak memiliki perantara

yang mengendalikannya, ada lebih banyak kebebasan untuk bertransaksi. Dengan mata uang tradisional, dana dapat dibekukan atau disita oleh pihak perantara (seperti PayPal, bank, atau perusahaan kartu kredit) atau oleh pemerintah. Perantara juga dapat melarang transaksi untuk barang atau jasa yang mereka inginkan. Jika perantara memutuskan mereka tidak ingin membiarkan Anda melakukan transaksi tertentu, mereka dapat menghentikannya. Pembayaran perusahaan seperti PayPal telah dilaporkan telah melarang transaksi yang melibatkan konten seksual. Jika Anda memiliki sebuah perusahaan porno atau bisnis mainan dewasa, Anda mungkin tidak dapat menggunakan PayPal.

5. Mudah Digunakan

Dengan bank-bank tradisional

, dapat memakan waktu untuk bahkan membuka rekening bank. Menyiapkan rekening perdagangan untuk pembayaran bahkan akan lebih rumit. Sebuah alamat Bitcoin dapat dibuat dengan sangat cepat dan tanpa biaya. Bitcoin mudah digunakan dalam masalah pengiriman.

6. Transfer Cepat

Sementara layanan transfer

biasa/tradisional dapat memakan waktu yang lama untuk proses transfer(kadang-kadang bahkan sampai berhari-hari), transaksi bitcoin hanya membutuhkan sekitar 10 menit untuk menyelesaikan proses transfer. Anda dapat mengirim bitcoin dimana saja. Begitu jaringan Bitcoin memproses pembayaran, proses transfer dengan segera selesai. Bank sering memiliki jam kerja dan tutup pada malam hari dan akhir pekan. Bahkan PayPal memiliki pembatasan pada jumlah yang dapat ditarik pada bulan tertentu, yang berarti Anda mungkin harus menunggu selama satu bulan untuk benar-benar menerima dana yang Anda inginkan.
 
7. Tidak Ada Risiko Tagihan

Bitcoin merchant tidak memiliki risiko chargeback/tagihan seperti yang dilakukan kartu kredit.

Setelah bitcoin dikirim,

tidak dapat diambil kembali (kecuali penerima mengembalikannya). Bitcoin, seperti uang tunai, yang tidak dapat dibatalkan. Pedagang tidak perlu khawatir dalam menyediakan barang atau jasa, jika memiliki pelanggan yang membatalkan transaksi seperti pengunaan kartu kredit. Untuk beberapa bisnis, chargeback/tagihan benar-benar dapat menjadi margin keuntungan.

8. Tahan lama

Bitcoin tidak dapat

 hancur atau rusak. Pasokan Emas dapat dimanipulasi jika ada penemuan emas atau jika hancur. Mata uang secara fisik (cash) dapat dipalsukan atau hancur. Perubahan dalam pemasokan akan merubah harga.

9. Portabel

Karena Bitcoin

adalah elektronik, mudah untuk menyimpan dan membawanya. Emas sebenarnya cukup berat dan memakan banyak ruang fisik. Bitcoin dapat disimpan pada kartu kredit perangkat berukuran portabel atau hanya online.

10. Mengurangi Penipuan

Bitcoin menghilangkan risiko penipuan kartu kredit

. Penjahat dapat mencuri informasi pelanggan pribadi dan nomor kartu kredit dan menggunakannya untuk melakukan pembelian. Penipuan kartu kredit dapat menjadi beban besar bagi merchant dan prosesor kartu kredit. Beberapa pedagang online terpaksa menolak beberapa pembelian yang takut bisa menjadi penipuan. Prosesor kartu kredit dan bank telah menghabiskan uang pada sistem deteksi penipuan.