Saat tantangan kapasitas jaringan bitcoin ini telah dipilih untuk menghasilkan visibilitas yang besar, mata uang digital mulai menikmati volume perdagangan yang kuat pada minggu ini, bersama para pelaku pasar transaksi yang lebih besar 28m BTC terjadi selama tujuh hari pukul 00:00 UTC pada tanggal 4 Maret.

Begitu pula, harga bitcoin relatif stabil, hanya mengalami penurunan kurang dari 1% pukul 12:00 UTC pada hari Jum’at. Penurunan tersebut meningkat menjadi 3,3% karena harga mulai turun ke $ 409 pukul 23:59 UTC, data yang diperoleh dari grafik USD/Bitcoin Indeks Harga (BPI) Bitcoinwisdom.

Baca juga: Anggota Pemerintah Di Jepang Menyetujui Bitcoin Sebagai Metode Pembayaran

Jumlah penurunan sebanyak $ 10. Penurunan tersebut masih tergolong ringan karena sebanding dengan pergerakan yang terjadi di minggu sebelumnya, ketika harga bitcoin naik hingga 1% setelah berfluktuasi di harga $ 410 dan $ 450.

Namun, mata uang digital mengalami perputaran harga yang sangat tajam pada minggu ini ditengah munculnya berita bahwa jaringan block bitcoin ini melebihi kapasitasnya untuk melakukan sebuah transaksi, yang mengakibatkan para pengguna bitcoin harus rela membayar biaya yang jauh lebih tinggi untuk mendapatkan proses transaksi yang normal.

Secara keseluruhan, volatilitas yang ketat terjadi pada minggu ini, ketika bitcoin mengalami kenaikan pada tanggal 26 Februari naik sebanyak 2,9% menjadi $ 431,69 pukul 23:00 (UTC). Mata uang digital mencapai puncak selama beberapa jam berikutnya, harganya mencapai $ 434,14 pukul 02:00 (UTC) pada tanggal 27 Februari.

Harga Bitcoin kemudian jatuh pada kurun waktu 24 jam, menyentuh $ 422,07 pada pukul 01:00 (UTC) di hari berikutnya. Penurunan harga yang terjadi hingga 2,8%.

Ketidakstabilan ini masih berlanjut, harga mata uang digital melonjak naik ke $ 440,48 pukul 10:00 (UTC) tanggal 29 Februari, 4,4% lebih tinggi dari harga terendah $ 422,07 sebelumnya. Mata uang digital begitu cepat kehilangan beberapa keuntungan ini, karena terjadi depresiasi harga ke level $ 431,26 pukul 07:00 (UTC) pada tanggal 1 Maret.

Harga Bitcoin terus goyah di level $ 420 dan $ 440, sebelum mencapai harga $ 419,56 dan kemudian $ 416,30 pada pukul 00:00 (UTC) dan 05:00 (UTC) secara berurutan pada 3 Maret.

Selama beberapa hari pada pekan ini, harga mata uang digital sebagian besar berfluktuasi antara $ 415 dan $ 425, sebelum berakhir di bawah $ 410.

Blockchain Mulai Goyah

Harga dip bisa dibilang masalah kecil jika dibandingkan dengan ketidakpastian pemasangan seputar masa depan jaringan.

Baru-baru ini, bitcoin mendapat banyak sorotan media ketika para pengguna harus menunggu beberapa waktu lebih lama dari waktu normal hingga transaksi mereka selesai serta biaya transaksi yang naik tajam untuk mendapatkan proses transaksi yang normal.

Masalah ini masih tertahan dalam perdebatan seputar bagaimana cara untuk mengatasi ruang yang terus memburuk, akibatnya para penggemar dan pengguna bitcoin mulai mengeluh karena masalah tersebut tak kunjung selesai dan menjadi beban karena proses transaksi yang lama dan naiknya biaya transaksi.

Disatu sisi, Bitcoin core, telah bekerja pada sebuah solusi yang akan meningkatkan kapasitas dengan pengerjaan ulang tentang bagaimana signature tersebut disimpan, kemudian Bitcoin klasik juga telah menerbitkan kode yang akan melipatgandakan kapasitas transaksi dari blok.

Pengembang dan pengamat pasar bekerja untuk mencari solusi, para pengguna berjalan untuk menghadapi masalah yang berkaitan dengan biaya.

Karena masalah ini, beberapa transaksi yang akan diproses dan lain-lain berjalan lambat atau mengalami penundaan, isu-isu tersebut mungkin mempengaruhi sentimen pasar secara keseluruhan sehingga tidak menutup kemungkinan jika efek dari masalah itu bisa mempengaruhi harga bitcoin.

Karena banyaknya pengguna bursa pertukaran yang harus membayar untuk mengirim deposit bitcoin ke bursa pertukaran, pengguna yang membayar biaya terlalu rendah mungkin akan melihat proses deposit mereka ditolak.

Salah satu dari beberapa bursa pertukaran mengatakan bahwa masalah tersebut berdampak di bisnis industri bitcoin, yang secara terpaksa memberikan biaya tambahan saat melakukan transaksi penarikan dana bitcoin kepada para penggunanya.

Sumber: Coindesk

Gambar

Harga Bitcoin Mendekati $ 400 Setelah Terjadi Gangguan Pada Jaringan

Mar 6, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments