Rusia adalah negara yang tidak kenal kompromi dengan Bitcoin. Beberapa proposal hukum yang telah disusun bisa saja menyebabkan efek jera dan bersangkutan dengan penjara. Untungnya, kini para regulator pun telah membuka mata lebar-lebar mengenai bitcoin dan sepertinya para pengguna bitcoin di Rusia tidak lagi perlu takut lagi terhadap penjara. Bahkan, negara ini secara signifikan telah merubah bitcoin menjadi instrumen keuangan yang sah pada tahun depan nanti.

Baca juga: Litecoin Kembali Naik + 70%

Keputusan para legislator Rusia ini membuat banyak orang tertegun tak percaya. Setahun yang lalu saja, penggunaan cryptocurrency di negara tersebut dapat berurusan dengan sel tahanan. Namun hal tersebut akan berubah dengan segera. Kementerian Keuangan Rusia ingin menerima bitcoin sebagai cara untuk memerangi pencucian uang. Sikap yang ditunjukkan para legislator Rusia ini sangat menarik.

Jika ini berjalan sesuai rencana, bitcoin akan menjadi instrumen hukum yang sah di Rusia sesegera mungkin di tahun 2018 nanti. Pejabat pemerintah ingin memberantas pengiriman uang yang secara ilegal. Akibatnya, bank sentral Rusia dan pemerintah pun akan bekerja sama untuk membuat undang-undang baru ini sesegera mungkin. Sebuah sikap positif terhadap mata uang digital ini dapat menguntungkan negara dan hal itu telah banyak terbukti.

Satu hal yang melekat pada bitcoin yaitu transparansi yang mutlak mengenai transaksinya. Untuk lebih spesifiknya, transaksi dapat dilihat oleh publik secara real-time. Jika melalui perbankan atau sistem keuangan lainnya, hanya ada sedikit atau malah tidak ada sama sekali sebuah transparansi. Tanpa transparansi ini secara efektif telah memfasilitasi kegiatan pencucian uang, yang dapat menelan dana jutaan pemerintah Rusia setiap tahunnya. Namun transfer Bitcoin menunjukkan alamat pengirim dan penerima yang dapat dilacak.

Jangan berburuk sangka dulu jika Rusia akan mengatur bitcoin dengan melakukan legalisasi bitcoin. Bagaimanapun tidak mungkin untuk mengatur cryptocurrency dengan cara apapun bentuknya. Legalisasi bitcoin hanya akan memaksa perusahaan berurusan dengan cryptocurrency untuk melakukan pemeriksaan AML tambahan. Sebuah skenario yang sama yang sedang dijalankan di China sekarang, dengan bursanya yang memperkenalkan persyaratan verifikasi tambahan.

Legislator akan memutuskan apakah mata uang digital merupakan sebuah aset di Rusia. Dan hal ini akan menjadi hari penting dalam sejarah bitcoin. Setelah Jepang yang melakukan legalisasi bitcoin, tampaknya negara-negara lain berebut untuk melakukan hal yang sama. Perkembangan yang sangat menarik, hal ini menunjukkan bagaimana bitcoin tumbuh dewasa selama beberapa tahun terakhir ini.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Rusia Akhirnya Berhenti Melawan Bitcoin Dan Berencana Untuk Mengesahkan Cryptocurrency Di Tahun 2018

Apr 12, 2017Fajar Himawan

Komentar

comments