Kemacetan yang melanda jaringan Bitcoin saat ini terus menimbulkan masalah dalam ekosistem cryptocurrency. Meskipun masalah ini tampaknya sudah tenang kembali, ada sebuah backlog transaksi besar lainnya yang telah terbentuk sekarang. Belum jelas apa yang terjadi sebenarnya, namun beberapa orang telah mengklaim adanya serangan spam lainnya. Dengan lebih dari 55.000 transaksi yang masih dalam status menunggu konfirmasi dan hal menjadi sebuah masalah kembali.

Baca juga: Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Masalah ini bukan pertama kalinya terjadi dijaringan bitcoin. Insiden seperti ini telah terjadi beberapa kali selama dua belas bulan terakhir. Setiap kali masalah ini muncul, maka ada seseorang yang sengaja melakukan spamming jaringan dengan transaksi yang kecil. Hasil akhirnya akan berimbas pada pengguna lain yang harus dengan rela membayar biaya transaksi yang lebih tinggi untuk menyelesaikan konfirmasi transfer mereka agar lebih cepat lagi.

Yang lebih anehnya lagi adalah mengapa backlog ini terjadi pada saat harga bitcoin mengalami penurunan nilai. Tampaknya ada seseorang yang siap setiap saat untuk melumpuhkan jaringan dan mengakibatkan penurunan harga. Tapi masih belum jelas siapa yang memiliki alat tersebut untuk melakukan upaya backlog ini.

Dan lagi, volume transaksi yang tinggi tidak selalu menunjukkan serangan spam. Memang benar beberapa ribu transaksi tiba-tiba ada di jaringan dalam waktu yang sama. Sebagian besar dari mereka tampaknya berasal dari Eropa Barat dan Amerika Serikat. Hal ini berkemungkinan besar adalah serangan spam yang lain, namun penentuan sumber dari siapa spam ini muncul akan cukup sulit.

Satu hal yang perlu diingat adalah koin ini sudah menjadi populer akhir-akhir ini. Dan sebuah layanan tumbler akan mengirimkan banyak transaksi kecil untuk mengaburkan asal uang dan tujuan. Selain itu, pengguna dapat memiliki dana mereka yang dikirim ke banyak alamat bitcoin yang berbeda seperti yang mereka inginkan. Tiga alamat yang telah dikaitkan dengan perilaku potensial Tumbling ini yang telah menyebabkan peningkatan transaksi.

Backlog terbaru ini akan membuat beberapa diskusi besar mengenai skalabilitas bitcoin. Kejadian seperti ini membuat banyak kecemasan di kalangan pengguna bitcoin dan sulit untuk dimengerti. Biaya yang tinggi dan menunggu lama sebuah konfirmasi jaringan bukanlah hal yang menyenangkan. Belum pasti kapan backlog ini akan mulai mereda. Untuk saat ini, masih ada lebih dari 56.000 transaksi yang masih dalam status menunggu untuk dikonfirmasi.

Jumlah Transaksi Bitcoin Yang Belum Dikonfirmasi Kini Meningkat Kembali

Apr 16, 2017Fajar Himawan

Komentar

comments