Bitcoin adalah mata uang digital desentralisasi yang diperdagangkan hanya pada komputer dan internet.

Jika diperdagangkan secara tepat, Bitcoin dapat digunakan oleh penggunanya untuk perdagangan dan pembelian secara anonim. Bagi banyak orang, ini adalah sumber nilai terbesar dari bitcoin itu sendiri.

Proses menciptakan Bitcoin yang biasa disebut pertambangan/mining dapat dilakukan oleh siapa saja. Bitcoin ditambang menggunakan komputer yang kuat yang dapat memecahkan persamaan matematika yang sangat rumit.

Blockchain adalah database yang berisi catatan setiap transaksi Bitcoin yang pernah terjadi. Untuk menyimpan dan menggunakan Bitcoin pada server, harus berisi salinan blockchain tersebut.

16. Kreator: Satoshi Nakamoto

Bitcoin diciptakan pada tahun 2008 oleh seseorang yang misterius atau sekelompok orang yang muncul dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Meskipun beberapa orang telah mengklaim untuk mengungkapkan identitas Nakamoto, wajah sebenarnya dari pencipta Bitcoin ini masih menjadi pertanyaan.

Sekitar 5 persen dari ekonomi Bitcoin yang aktif di pasar gelap online secara tersembunyi disebut The Silk Road. Meskipun situs tersebut sempat ditutup oleh FBI, kini dengan menambahkan fitur keamanan yang baru untuk menjaga anonimitas pasar gelap itu mulai berjalan kembali.

14. Pasokan Yang Terbatas

Meskipun setiap orang dapat menambang Bitcoin, pasokan bitcoin sangatlah terbatas. Kesulitan untuk menambang koin akan mengalami peningkatan sepanjang waktu. Diperkirakan bahwa hanya ada 21 juta koin saja yang akan beredar.

13. Akhir Dari Penambangan

Dengan pasokan Bitcoin yang terbatas, diperkiraan Bitcoin akan berakhir ditambang pada tahun 2140.

12. Perubahan Nilai

Pada tahun 2010, satu Bitcoin itu bernilai sekitar empat sen. Untuk waktu yang singkat pada bulan November tahun 2013, satu Bitcoin itu bernilai lebih dari satu ons emas.

11. Pemerintah Kejang

Selama kematian dari Silkroad, FBI menyita sebagian aset situs tersebut. Berkat ini, 1,5 persen Bitcoin di dunia sekarang berada di tangan FBI.

10. Cina Terkena Ban

China melarang bank untuk memperdagangkan Bitcoin pada bulan Desember 2013.

9. Thai Terkena Ban

Pada bulan Juli tahun 2013, Thailand menjadi negara pertama yang benar-benar melarang penggunaan Bitcoin.

8. Kematian Mt GOX

Mt GOX, salah satu bursa Bitcoin terbesar di dunia, jatuh pada bulan Februari 2014 setelah terkena hack.

7. Black Friday Penjualan Bitcoin

Lebih dari 200 perusahaan mengadakan Acara Black Friday Penjualan Bitcoin di tahun 2013.

6. Overstock menerima Bitcoin

Baru-baru ini, Overstock.com mulai menerima Bitcoin sebagai sistem pembayaran.

5. Wikileaks dan Bitcoin

WikiLeaks berpaling ke Bitcoin untuk kegiatan donasi ketika banyak perusahaan menolak untuk melakukan pembayaran transfer biasa yang berhubungan dengan Donasi.

4. Peraturan Amerika

Meskipun tidak ada undang-undang yang terbuat, pemerintah Amerika memiliki rencana untuk mencoba mengatur dan mengontrol Bitcoin dalam waktu dekat. Sebagian besar pengguna Bitcoin menentang peraturan tersebut.

3. Bank Bitcoin

Banyak situs toko Bitcoin tersedia bagi para pengguna bitcoin sehingga pengguna tidak perlu men-download salinan blockchain tersebut. Layanan ini bisa kurang aman dari penyimpanan pribadi dan kadang-kadang memakan biaya yang cukup besar.

2. Dompet Bitcoin

Banyak program yang dapat digunakan oleh para pengguna bitcoin dalam menyimpan bitcoin secara aman untuk mengenkripsi Bitcoin mereka dan melakukan transaksi pada komputer dan smartphone mereka sendiri.

1. Fisik Bitcoin

Beberapa pengguna telah mulai membuat representasi fisik dari Bitcoin yang mengandung kode penukaran mata uang digital.