Harga Bitcoin telah kembali pulih setelah kasus pencurian Bitcoin yang menimpa Bitfinex yang secara langsung menyebabkan harga Bitcoin menurun sekitar 20%. Harga bitcoin kini telah kembali ke $ 580 ketika bursa pertukaran Bitfinex merilis rincian dari pembukaan kembali layanannya.

Pada tanggal 2 Agustus, Bursa pertukaran Bitcoin Bitfinex dibobol dan kehilangan dananya sekitar $ 60-70 juta senilai cryptocurrency. Konfirmasi resmi dari total kerugian dana akan segera diumumkan.

Baca juga: BitFinex Update: Platform Mengkonfirmasi Kehilangan Bitcoin Senilai $ 72m

Pada saat yang sama, komunitas Bitcoin geram tentang insiden tersebut dan prihatin dengan kurangnya informasi dari perusahaan sejauh ini. Namun, bursa pertukaran yang berbasis di Hong Kong ini tidak memberikan update pada tanggal 3 Agustus kemarin, mereka juga menjelaskan akan segera beroperasi dalam waktu dekat. Situs web mereka menyatakan:

Kami sedang dalam proses pemulihan dengan fungsi yang terbatas dalam lingkungan yang aman, dengan fungsionalitas penuh yang akan datang sesudahnya dalam tahap progresif. Langkah pertama adalah membuat situs ini kembali online dan memungkinkan para pengguna untuk login dan melihat keadaan account mereka. Perlu diperhatikan bahwa perdagangan, deposit, penarikan, dan fungsi situs inti lainnya belum berfungsi seperti biasanya.-Untuk mengakomodasi peluncuran kembali, semua penarikan, buy order, dan sell order akan dibatalkan. Selanjutnya, untuk menghitung kerugian bagi pihak-pihak terkait, penarikan harus terjadi pada akun yang terpengaruh kasus hack/dana mereka hilang. Posisi margin untuk semua pasangan akan diselesaikan dan ditutup menggunakan harga sebagai berikut, mewakili titik tengah dari bid dan ask pada tanggal 2 Agustus, 2016, pukul 18:00:00 UTC.

Semenjak serangan itu terjadi, orang yang mengaku menjadi hacker di balik pencurian telah mengumumkan hadiah give away senilai £ 450.000 secara online. Redditor bernama “rekcahxfb,” bfxhacker menyatakan kepada orang-orang di forum media sosial yang dalam seminggu ini 1.000 BTC akan diberikan kepada orang yang beruntung yang meninggalkan alamat Bitcoin mereka.

Para hacker membuat posting serupa juga di forum BitcoinTalk dengan lebih dari seratus orang yang sudah membalas dan meninggalkan alamat mereka. Beberapa orang telah berspekulasi bahwa ini bisa menjadi rencana induk dari dasar pengiriman uang ke rekening mereka sendiri, hacker terkait bisa meninggalkan alamat mereka sendiri dan berpura-pura akan memberikan uang tersebut begitu saja secara gratis.

Disamping insiden tersebut yang telah terjadi, kini harga Bitcoin tengah mendekati harga resistance $ 600 berkisar di $ 575. Sebuah rebound yang kuat yang semula turun ke $ 480.

Grafik menunjukkan bahwa uptrend ini dimulai kemarin sore dengan volume dan tekanan beli yang meningkat. Selanjutnya, Bitcoin.com melaporkan kemarin bahwa investor belum bergoyah. Publikasi investasi Seeking Alpha bahkan menyatakan bahwa “para peretas Bitcoin terbaru menyajikan kesempatan untuk membeli bitcoin diharga yang sedang turun.”

Para Pembeli Kembali Beraksi

Grafik dua belas jam dari sesi perdagangan semalam menunjukkan pola segitiga yang terbentuk dengan lantai $ 560 untuk dinding sell di kisaran $ 575. Jika harga bisa bermanuver melewati pola garis tren ini, mungkin bisa kembali ke kisaran $ 600 dan naik kembali. Namun, bears mungkin masih bersembunyi dan momentum pembalikan cepat bisa berbaik lagi jika lebih banyak berita buruk yang diterima dari Bitfinex.

Banyak media utama yang membuat cerita tentang kasus pencurian ini. Untungnya, sebagian besar dari mereka sudah benar kali ini dengan menyalahkan faktor dari bursa pertukaran itu sendiri daripada menyinggung Bitcoin.

Apa pendapat Anda tentang kenaikan harga Bitcoin ini? Apakah Anda berpikir Bitfinex akan mengungkapkan angka resmi dari kerugiannya? Berikan komentar Anda.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Gambar running

Harga Bitcoin Mulai Pulih

Aug 5, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments