Dilansir dari Jakarta Post, pasar Indonesia mengalami kenaikan jumlah transaksi bitcoin meskipun mata uang digital belum memiliki status hukum yang sah di Indonesia.

Tahun 2014 silam, Bank Indonesia/bank sentral Indonesia, merilis sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa bitcoin secara hukum belum diakui sebagai uang atau alat pembayaran yang sah.

Baca juga: Apakah Benar Komunitas Potcoin Kini Sedang Menghadapi Masalah Dengan PotWallet?

Walaupun kenyataannya seperti itu, masalah hukum yang belum pasti ini tidak menyurutkan masyarakat Indonesia untuk menggunakan mata uang digital sebagai alat pembayaran, seperti yang terjadi di Iran.

Menurut laporan dari Jakarta Post, jumlah pengguna bitcoin di Indonesia sudah mengalami peningkatan dari 80.000 hingga 250.000, dengan nilai transaksi harian sebesar Rp 20 miliar (US $ 1.480.000).

Pada tahun 2010, lebih dari $ 5 miliar telah dikirimkan ke rumah mereka dari para pekerja migran Indonesia yang tersebar di seluruh dunia. Sementara itu laporan pada tahun 2015, layanan remittance Bitcoin bisa menyelamatkan dana TKI Indonesia sebanyak $ 374.000.000.

Namun, dalam upaya untuk meningkatkan perkembangan pembayaran bitcoin di Indonesia, pada bulan Mei lalu telah diumumkan bahwa e-commerce dan platform pembayaran digital di Indonesia, KinerjaPay Corp, telah mengaktifkan pembayaran bitcoin dalam layanan transaksinya pada platform tersebut.

Melalui fitur ini, para pengguna Bitcoin dapat membayar tagihan listrik, melakukan transfer uang dan membeli segala produk yang dijual pada platform tersebut menggunakan bitcoin.

Menurut Suasti Atmastuti Astaman, manajer pengembangan bisnis Bitcoin di Indonesia, tren positif adopsi bitocin di Indonesia berkembang dari kepercayaan global mengenai mata uang digital dan legalisasi mata uang digital di Rusia yang baru terjadi beberapa minggu yang lalu.

Dia berkata:

Nilai Bitcoin sepenuhnya tergantung pada pasokan dan permintaan pasar … Itu sebabnya nilai bitcoin secara cepat bisa mengalami peningkatan.

Dengan harga per satu bitcoin yang mencapai $ 1.090 atau Rp 14.657.378, menurut Coin Market Cap, pada saat pers, Indonesia nampaknya akan bermain aman dengan bersikap tenang dengan mata uang digital ini.

Dengan begitu banyak manfaat yang dibawa oleh Bitcoin, semua ini hanya masalah waktu saja sih sebelum mata uang digital diatur dan mendapatkan ranah hukum yang pas di Indonesia.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Adopsi Bitcoin di Indonesia Kini Sedang Naik

Jan 4, 2017Fajar Himawan

Komentar

comments