Mengingat krisis keuangan yang terjadi baru-baru ini, munculah pertanyaan apakah ada atau tidaknya tanda-tanda pemulihan. Semua itu tergantung pada negara mana yang sedang mengalami krisis tersebut, besar kemungkinan masih ada sedikit perbaikan meskipun sebagian besar negara-negara di dunia masih bekerja menuju stabilisasi. Jika krisis keuangan yang baru terjadi lagi, akan ada hal-hal yang menarik bagi Bitcoin untuk menunjukkan ketangguhannya.

Meskipun para ahli keuangan mungkin ingin khalayak umum untuk percaya, hampir tidak ada perbaikan dalam ekonomi dunia sejak krisis keuangan melanda di tahun 2007. Hubungan kepercayaan antara bank dan nasabah yang semakin menipis, dan permintaan untuk alat keuangan yang baru hanya menempatkan lebih banyak tekanan pada lembaga keuangan.

Baca juga: Penelitian Bank Sentral Canada: Standar Moneter Bitcoin Akan Gagal

Pada saat yang sama, mata uang fiat dan pasar saham masih stabil, sementara untuk harga minyak masih mengalami kekacauan dalam beberapa bulan terakhir. Segala sesuatu yang terkait dengan keuangan tradisional masih belum stabil dan masih mengalami kekacauan, dan tidak ada tanda-tanda untuk perbaikan dalam kurun waktu jangka panjang. Bahkan, di tahun 2016 ini ada beberapa hal mengerikan yang akan terjadi.

Kembali pada bulan Januari 2016, banyak peringatan dikeluarkan bagaimana dunia harus waspada dengan dampak krisis keuangan yang baru. Dengan Brexit yang menjulang, Eurozone telah mengalami banyak tekanan, dan skenario terburuknya bisa kita lihat di seluruh keruntuhan zona euro. Meskipun berita utama media menyatakan beberapa negara mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan, keseimbangan saat ini masih sangatlah rapuh, dan hal itu tidak akan membawa perekonomian dalam masa resesi kembali.

Selain itu, ada sebuah salinan dokumen yang dibocorkan oleh Wikileaks, yang menampilkan beberapa rencana pada saat ini dengan IMF. Diantara topik-topik tersebut yang dibahas pada salinan pertemuan internal IMF ini membahas bagaimana Yunani akan menghadapi bencana lain, dan bagaimana semua organisasi terkait sedang mempertimbangkan untuk keluar dari zona Troika. Solusi tersebut tidak menguntungkan bagi proses pemulihan ekonomi, namun mereka secara individual dapat menyebabkan krisis keuangan yang baru.

Ada banyak pikiran negatif dan ketakutan yang sangat mendalam tentang bayangan krisis keuangan yang baru, ada banyak peringatan tentang bagaimana hal-hal yang diperlukan untuk mengubah atau menghindari tragedi krisis keuangan yang pernah terjadi di tahun 2007-08. Sayangnya, pemerintah dan bank sentral memutuskan untuk tidak mendengarkan peringatan ini, meskipun beberapa reformasi kecil telah terjadi di beberapa negara. Tapi pada skala yang lebih besar, situasi ekonomi tetap pada status quo, daripada mengurangi stres dari krisis keuangan.

Dan lebih lagi, krisis keuangan sekunder akan mendorong lebih banyak lagi konsumen dan perusahaan beralih ke arah jasa keuangan alternatif dan solusi. Bitcoin adalah pesaing yang jelas dalam hal ini, karena merupakan satu-satunya bentuk global yang layak menjadi media transfer nilai uang yang tidak terseret oleh ekosistem perbankan. Meskipun beberapa kelemahan dalam Bitcoin masih perlu diperbaiki – seperti masalah skalabilitas – Bitcoin adalah solusi nyata bagi keuangan yang jauh lebih disukai daripada layanan keuangan lainnya.

Sumber: Wikileaks

Apakah Krisis Keuangan Yang Masih Berkelanjutan Akan Meningkatkan Potensi Penggunaan Bitcoin

Apr 4, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments