Beberapa bitcoin baru-baru ini dipindahkan dari Amerika Serikat ke Kuba melalui transaksi umum yang tetap langkah yang relatif kecil secara teknis, tapi mungkin akan menjadi lompatan raksasa bagi efek teknologi pada urusan dunia.

Seperti diketahui, dari tahun 1962 sampai Juli pada tahun ini warga Amerika Serikat dicegah oleh badan hukum AS untuk mentransfer berbagai aset ke Kuba. Namun, pada bulan Juli tahun ini US Department of Treasury mengumumkan perubahan regulasi bagi Sanksi Kuba.

Dilansir pada Coinspeaker menurut lembaga depository lembaga tersebut mengizinkan untuk membuka dan mengelola rekening koresponden yang merupakan lembaga keuangan nasional Kuba untuk memfasilitasi pengolahan transaksi secara resmi.

Selain itu, lembaga keuangan AS berwenang untuk mendaftarkan pedagang dan kredit proses dan transaksi kartu debit untuk berhubungan dengan perjalanan dan transaksi lain yang sesuai dengan bagian 515,560 dari CACR. Langkah-langkah ini akan meningkatkan kecepatan dan efisiensi pembayaran resmi antara Amerika Serikat dan Kuba.

Bagian lain dari Kabar baiknya adalah bahwa beberapa hari yang lalu seorang warga Amerika bisa secara legal dan berhasil mengirim Bitcoin ke Kuba melalui platform dompet Airbitz yang aman.

“Hal ini  menunjukkan bahwa Kuba dan masyarakat Bitcoin yang sekarang mungkin dapat menerima Bitcoin melalui Nauta, Wi-Fi publik Kuba dikelola negara,” Fernando Villar, Pendiri BitcoinCuba, berkomentar. “Hal tersebut diharapkan akan membuka mata semua orang pada beberapa kemungkinan yang pada akhirnya menempatkan Kuba pada peta Bitcoin.”

Saya bertanya pada [CoinStructive CEO] Chris Groshong, “Bukankah lebih keren kalau Anda bisa mengirimkan saya beberapa Bitcoin dari AS ke Kuba melalui jaringan Wi-Fi publik yang baru?” jelas Villar.

Airbitz begitu mudah digunakan, desentralisasi, open source, dompet digital yang aman dan tersedia untuk iOS dan Android. Dompet tersebut memenangkan tempat pertama dalam kompetisi start-up pada tahun ini di New York City dalam Bitcoins Conference.

Dikenal dengan desain yang mudah digunakan, Airbitz juga mengintegrasikan direktori Bitcoin merchant secara rinci, sehingga pengguna ponsel dapat menemukan toko dan menghabiskan Bitcoin dengan aplikasi yang sama. Infrastruktur terdesentralisasi Airbitz telah membuatnya menjadi salah satu dompet Bitcoin yang paling populer di pasaran.

“Sebagai perusahaan, Airbitz tidak ada hubungannya dengan hal itu!” CEO Airbitz Paul Puey mengomentari kasus ini. “Kami hanya membangun produk terbaik yang kita bisa, dan kedua pengirim dan penerima di Kuba merasa bahwa pilihan terbaik adalah Airbitz.”

BitcoinCuba percaya ada potensi besar untuk Bitcoin di Kuba, namun Villar tetap berhati-hati pada sejarah negara pulau tersebut yang harus segera diatasi.

“Masa depan untuk Bitcoin di Kuba cukup menjanjikan, tapi untuk mencapai kesuksesan tersebut akan memakan waktu dan usaha,” kata Villar. “Kuba sekarang sedang terhubung melalui Wi-Fi publik, yang memakan biaya begitu mahal yaitu $ 2 per jam, dengan gaji rata-rata sekitar $ 20 per bulan di Kuba.”

Tim Airbitz memahami pentingnya pekerjaan BitcoinCuba di pulau itu.

“Dari apa yang telah kita dengar, Bitcoin masih hampir tidak dapat dipahami atau terdengar di Kuba. Pengetahuan adalah masalah terbesar dan kami senang melihat organisasi seperti bitcoincuba.org melakukan upaya yang kuat untuk memberdayakan warga negara mereka dengan pengetahuan tentang Bitcoin,” kata Puey.

Aug 6, 2015Fajar Himawan

Komentar

comments