Teknologi Blockchain memiliki banyak kasus penggunaan untuk semua konsumen sehari-hari, yang sebagian besar belum ditemukan atau dikembangkan. Menyederhanakan proses pemungutan suara – dan membuat seluruh proses lebih transparan dengan menjaga privasi pemilih – adalah salah satu dari contoh-contoh ini. Hal ini tidak akan lama lagi muncul mesin voting yang berbasis teknologi Bitcoin pertama yang akan berada di lokasi Anda.

Blockchain Technologies Corp adalah perusahaan yang berfokus pada pengalihan mesin voting proprietary yang ada dengan solusi sumber yang lebih aman dan terbuka, yang berjalan pada teknologi blockchain. Melakukan hal tersebut tidak hanya akan mengurangi kerumitan yang terkait dengan mesin voting saat ini, tetapi menghilangkan hampir setiap kemungkinan dari setiap perangkat ini untuk dibobol atau hacked karena langkah-langkah keamanan yang berlapis.

Proses yang diajukan sangatlah sederhana, elegan dan nyaman dengan caranya sendiri. Voting suara akan tetap sama, dengan ketiga kode QR di bagian bawah. Kode pertama merupakan alamat blockchain; yang kedua merupakan ID pemungutan suara, dan kode akhir adalah ID pemilu. Kode QR ini kemudian akan dipindai setelah pemungutan suara disimpan ke dalam mesin voting, dan secara otomatis mentransfer “unit suara” untuk calon yang tepat;

Catatan: klik di sini untuk melihat gambar berukuran penuh dari perangkat.

Dalam urutan transparansi, siapa pun di dunia dapat melihat nomor suara kandidat secara real-time, karena ini adalah salah satu kekuatan inti dari teknologi blockchain. Namun, yang lebih penting untuk diingat bahwa informasi pribadi pemilih tidak akan ditampilkan dalam proses, teknologi blockchain dapat melindungi privasi setiap individu pemilih hingga pada tingkatan tertentu.

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya bagaimana Blockchain Technologies Corp berencana untuk menjaga proses pemungutan suara tamper-proof, teknologi blockchain memerlukan koneksi internet. Rencana saat ini adalah untuk membuat mesin voting yang terputus dari Internet. Selain itu, semua surat suara dibakar ke DVD sebelum dihubungkan ke mesin lalu ke Internet, membuat sebuah cadangan fisik seluruh hasil voting atau pemilihan suara.

Konfigurasi dari platform teknologi blockchain yang akan digunakan ditujukan pada masyarakat atau bangsa yang menggunakan sistem voting atau pemilihan suara untuk menentukan sebuah hasil yang mereka sepakati. Ini berarti bahwa mereka dapat menggunakan secara baik sistem blockchain Bitcoin atau Blockchain Teknologi Corp sebagai alternatif VoteUnit itu sendiri. Perbedaan utama antara keduanya adalah tidak memerlukan biaya transaksi.

Para penggemar Bitcoin dengan senang hati akan memberitahu Anda semua kasus berguna yang berpotensi dari teknologi blockchain. Ada beberapa ide gila yang mengambil konsep “out-of-the-box” berpikir untuk tingkatan yang baru, tapi itu tidak berarti mereka kurang layak/pantas. Sebuah mesin voting berbasis blockchain adalah salah satu cara untuk mengintegrasikan teknologi inovatif ini ke dalam kehidupan kita sehari-hari.

Hal ini akan menarik untuk dilihat apakah iya atau tidaknya teknologi mesin voting blockchain akan sukses. Belum ada penentuan tanggal rilis secara resmi yang diumumkan, juga tidak ada indikasi akan adanya penggunaan perangkat ini dalam waktu dekat. Tapi satu hal yang pasti: ini adalah saat yang menarik di dunia Bitcoin.

Apa yang Anda pikirkan tentang mesin voting yang akan dikembangkan oleh Blockchain Technologies Corp? Berikan komentar Anda di bawah!

Sumber: Motherboard Vice

Gambar dari Shutterstock, Blockchain Technologies Corp

Mesin Voting Berjalan Di Atas Teknologi Blockchain Apakah Bukan Lagi Sekedar Teori

Nov 10, 2015Fajar Himawan

Komentar

comments