Beberapa layanan menarik telah diluncurkan pada ekosistem bitcoin selama beberapa tahun terakhir. Tampaknya ada sebuah korelasi menarik di antara kriptografi dan steganografi. Salah satu pengembang tengah menciptakan sebuah proyek yang dapat berubah di setiap gambar atau dokumen ke sebuah kunci pribadi bitcoin dan alamat. Sebuah alat yang hebat, namun tidak praktis.

Baca juga: Volume Transaksi Bitcoin Naik Hingga 55% pada tahun 2017 Ini

Untuk sementara ini konsep tersebut mungkin memiliki beberapa daya tarik kepada para konsumen, namun hal itu bukanlah solusi yang aman. Mengharuskan untuk menggunakan gambar atau dokumen jika akan membuat alamat dompet bitcoin. Proses itu sendiri sangat sederhana dan mudah juga. Di satu sisi, hal ini juga bisa menarik lebih banyak orang untuk datang ke ekosistem bitcoin.

Sayangnya, mereka yang bergantung pada proyek ini memiliki kesempatan besar untuk kehilangan dana mereka. Setiap jumlah bitcoin yang disimpan dalam dompet yang dihasilkan melalui platform ini merupakan sebuah risiko. Yang saya maksud adalah kita hanya perlu untuk meng-upload dokumen atau gambar yang sama dengan orang yang berbeda. Dengan demikian, mereka akan menerima alamat dompet dan kunci pribadi yang identik dan taaaraaaa… bitcoin nyasar akan datang di alamat Anda.

Dari sudut pandang keamanan, proyek tersebut tidak layak sama sekali. Kemudian, kode tersebut bersumber dari GitHub, maka siapapun dapat melakukan perubahan dan mengusulkan perbaikan. Hal ini terbukti konsep ini akan membutuhkan banyak pekerjaan sebelum layak untuk di uji coba. Menerapkan cara untuk memeriksa duplikat gambar dan dokumen akan menjadi pekerjaan rumit.

Hal ini penting untuk dicatat bahwa proyek ini merupakan proof of concept, dan bukan sesuatu yang harus digunakan oleh siapa saja dalam bentuk yang sekarang ini. Hal ini merupakan teknologi yang menarik, namun tidak memiliki keamanan untuk dianggap sebagai proyek yang berguna pada saat ini.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Menciptakan Wallet Bitcoin Dari Sebuah Gambar Tidak Akan Melindungi Private Key Anda

Feb 17, 2017Fajar Himawan

Komentar

comments