Bank sentral Kanada meluncurkan sebuah percobaan pembayaran antar bank yang berbasis blockchain awal pekan ini, langkah lembaga tersebut dalam laporan baru ini tidak dimaksudkan untuk meluncurkan sistem e-money yang baru.

Ketika dimintai komentar, deputi gubernur senior Bank Sentral Kanada Carolyn Wilkins mengatakan bahwa ‘CAD-koin’ hanya sebuah proyek yang dimaksudkan “hanya untuk tujuan memahami perkembangan teknologi”.

Baca juga: DAO Sudah Mati

Secara khusus, dia mengatakan bahwa ruang lingkup kerja bank sentral Kanada ini dikhususkan untuk daerah antar bank.

Dikutip dari Coindesk, Wilkins mengatakan:

“Kerangka kerja yang lainnya perlu diselidiki, dan ada banyak rintangan yang harus dibersihkan sebelum sistem tersebut siap untuk diterapkan. Tak satu pun dari percobaan kami dalam mengembangkan bank sentral bertujuan untuk mengeluarkan e-money yang akan digunakan oleh masyarakat umum. Ini masih pada tahap pertanyaan penelitian konseptual yang sedang diselidiki oleh banyak bank sentral.”

Sistem CAD-koin akan memungkinkan pertukaran dolar Kanada dalam versi digital yang bisa diselesaikan di bank-bank yang ikut berpartisipasi. Proyek ini merupakan jaringan blockchain yang tertutup, dengan lembaga keuangan dan bank sentral yang membentuk sebuah kelompok peserta.

Jika percobaan itu diterapkan, maka bank sentral itu sendiri yang akan memiliki dan mengoperasikan sistem.

Presentasi dari CAD-koin muncul sehari sebelum pidato yang dibatalkan oleh Mark Carney Gubernur Bank of England, yang diharapkan untuk menyampaikan pidato kebijakan utama pada teknologi keuangan dan blockchain khususnya. Pidato Carney dibatalkan setelah adanya kejadian pembunuhan anggota Parlemen Inggris Jo Cox.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Hanya Sebuah Test: Bank of Canada Mulai Berkomentar Pada Percobaan CAD-koin

Jun 17, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments