Harga Bitcoin sulit untuk di perdiksi dari berbagai faktor yang mempengaruhi nilai mata uang digital ini. Namun, ada enam peristiwa besar yang dapat menyebabkan lonjakan harga Bitcoin di tahun 2017 nanti. Termasuk aktivasi Segregated Witness, kelanjutan dari Segwit, pelepasan Jaringan petir/ Lightning dan Tumblebit, persetujuan Bitcoin ETF, krisis keuangan dan ketidakstabilan ekonomi.

Baca juga: 5 Hal Yang Dibutuhkan Oleh Cryptocurrency Untuk Mencapai Adopsi Secara Massal

Segwit, Lightning, Tumblebit

Segwit, Lightning dan Tumblebit merupakan sebuah solusi skalabilitas yang awalnya diperkenalkan untuk memfasilitasi jumlah yang lebih besar dari sebuah transaksi yang terutama untuk berurusan dengan meningkatnya basis pengguna dan volume transaksi Bitcoin.

Sejauh ini, Segwit memiliki probabilitas tertinggi yang diaktifkan karena dukungan dari berbagai platform dompet, startups dan penambang. Bitnodes, platform yang dibangun 21 Inc, menyatakan bahwa 39,3% dari semua node telah mendukung Segwit. Setelah Segwit mencapai ambang aktivasi, mereka membutuhkan konsensus sebesar 95% dari penambang, yang akan meningkatkan kapasitas jaringan Bitcoin setidaknya 2.1x, menurut penelitian terbaru dari Alex Petrov dari Bitfury.

Lightning dan Tumblebit juga akan menjadi solusi skala jaringan Bitcoin tetapi dalam metode yang berbeda dari Segwit. Sembari meningkatkan kapasitas blok Bitcoin, Lightning juga akan memungkinkan penyelesaian micropayments yang saat ini tidak mungkin untuk dilaksanakan.

Di samping peningkatan skalabilitas, Tumblebit juga akan memberikan anonimitas untuk para pengguna Bitcoin, yang menawarkan kebebasan finansial dan privasi.

Tiga aktivasi besar solusi skalabilitas dan privasi ini akan memainkan peran penting dalam meningkatkan nilai Bitcoin dengan kualitas jaringan yang lebih efisien dan anonim.

Persetujuan Bitcoin ETF

Bitcoin ETF atau exchange traded fund dianggap oleh banyak ahli, bisnis dan investor sebagai produk penting yang bisa memperkenalkan Bitcoin ke arus utama. Investor profil tinggi dan pedagang dapat membeli dan memiliki Bitcoin melalui pasar saham dan platform yang diatur oleh suatu lembaga.

Saat ini, dua Bitcoin ETF sedang menjalani proses persetujuan dari SEC. Winklevoss Twins yang bermitra dengan multi-miliar dolar audit dan jasa keuangan perusahaan State Street untuk membantu SEC mengakui legitimasi ETF mereka.

SolidX ETF tampaknya membuat kemajuan besar. Tidak seperti ETF Winklevoss Twins ‘, SolidX memberikan asuransi kepada investor, yang bisa menarik lebih banyak pedagang dan perusahaan dalam mencari dan membuat investasi secara aman pada Bitcoin.

Setelah dua Bitcoin ETF ini disetujui oleh SEC, hal ini akan menyebabkan adopsi yang mainstream dan investasi dari perusahaan investasi tradisional maupun pedagang dengan profil tinggi.

Krisis keuangan dan ketidakstabilan ekonomi

Krisis keuangan global dan ketidakstabilan ekonomi juga akan menyebabkan lonjakan pada harga Bitcoin. Jika pemerintah dan pemerintah daerah terus memberlakukan kontrol modal yang berat dan peraturan keuangan praktis, banyak dari individu dan bisnis akan mencari alternatif lain seperti Bitcoin.

Dengan likuiditas tinggi dan transportability, Bitcoin akan menarik berbagai pengguna, terutama kepada orang yang berada di daerah-daerah seperti China atau Venezuela yang memiliki peraturan cash outflow yang ketat.

Gambar: Horoskop

Prediksi Harga Bitcoin Di Tahun 2017

Dec 20, 2016Fajar Himawan

Komentar

comments