Banyak pedagang cryptocurrency yang mengeluh mengenai platform Poloniex sekarang. Bursa pertukaran altcoin ini mengalami beberapa gangguan kemarin. Selama panik yang terjadi, harga Ripple jatuh sangat cepat dan Ethereum pun kehilangan kapitalisasi pasar sebesar US $ 1 miliar. Sampai saat ini belum ada alasan jelas mengenai kejadian ini dari pihak poloniex, yang kita tahu para pedagang telah kehilangan banyak uang selama gangguan ini terjadi.

Baca juga: Jepang Secara Resmi Mengakui Bitcoin Sebagai Mata Uang Mulai April 2017

Perdagangan cryptocurrencies memang sejatinya merupakan sebuah bisnis yang sangat berisiko. Uang dengan mudah dapat diperoleh dan hilang begitu saja dalam hitungan detik. Namun, jika bursa pertukaran terkenal seperti poloniex mengalami gangguan akibatnya para pedagang pun tidak bisa menjalankan perintah dalam perdagangannya, sesuatu seperti ini jelaslah salah. Poloniex memiliki banyak masalah kemarin malam setelah Ripple mencapai level tertinggi yang baru. Tak lama setelah kejadian ini, platform tersebut menjadi tidak responsif lagi.

Tidak hanya frontend/interface web yang menderita masalah ini. Namun API poloniex, yang digunakan pada TabTrader pun, menjadi tidak responsif juga. Perusahaan mengakui bahwa gangguan dan perdagangan akan kembali normal dengan cepat. Namun, banyak dari para pengguna yang telah menderita selama beberapa jam akibat kejadian ini.

Untuk lebih spesifiknya, Ethereum juga kehilangan kapitalisasi pasar sebesar US $ 1 miliar selama kejadian tersebut. Beberapa orang berpendapat bahwa Poloniex harus menghentikan semua kegiatan perdagangannya hingga platform tersebut siap untuk beroperasional lagi secara lancar. Hal ini menunjukkan bahwa platform tidak dapat menangani volume perdagangan yang meningkat dalam jangka waktu tertentu. Yang cukup membingungkannya lagi, mengingat posisi Poloniex di pasar, seharusnya poloniex bekerja lebih bagus lagi dari bursa lainnya dan berjalan lancar.

Akibatnya: banyak orang yang telah kehilangan kepercayaan pada Poloniex untuk saat ini. Salah satu pengguna Reddit bahkan menyebutnya bahwa ‘situs ini terindikasi semacam kejahatan terorganisir scam”. Memang benar ini bukan pertama kalinya bursa pertukaran menderita gangguan seperti itu. Jika masalah ini terus berlanjut, Poloniex secara cepat akan kehilangan posisi pasarnya.

Masih belum jelas berapa banyak uang yang hilang karena masalah ini. Turunnya kapitalisasi pasar Ethereum dan dump yang hebat pada Ripple yang tak terduga menimbulkan lebih banyak pertanyaan saat ini. Bursa pertukaran terpusat terus menimbulkan masalah bagi para pedagang. Tidak ada bursa pertukaran yang dapat diandalkan atau dapat diakses secara mudah dan aman.

Ikuti Twitter Bitcoinnewsindo untuk update berita bitcoin, blockchains dan cryptocurency lainnya.

Masalah Poloniex Sebabkan Kepanikan Serta Kerugian Untuk Para Pedagang Cryptocurrency

Apr 4, 2017Fajar Himawan

Komentar

comments